289 Pantarlih Resmi Dilantik oleh KPU Talaud, Sekda Kamagi Berikan Sambutan

oleh
Suasana kegiatan. (FOTO: Istimewa)

TALAUD – KPU Kabupaten Kepulauan Talaud resmi lantik dan ambil sumpah janji 289 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih(Pantarlih) se-Kabupaten sekaligus memimpin apel Akbar Coklit Pilkada Serentak 2024, bertempat di Aula KPU Talaud, Senin(24/6/2024).

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji Pantarlih dalam rangka untuk Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sulut dan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Talaud yang berjumlah 289 orang yang tersebar di 19 Kecamatan, 153 Desa/Kelurahan dan 195 TPS, turut juga disaksikan oleh Anggota KPU Talaud yakni Budirman dan Hilda Jein Palandung, Ahmad Faisal Taher, serta Sekretaris KPU Talaud Jan CH Kumaunang.

Ketua KPU Talaud, Andri L.J Sumolang, ST menyampaikan selamat untuk Pantarlih yang baru dilantik dan diambil Sumpah. Dimana akan menjadi tugas dan tanggung jawab untuk membantu semua kegiatan di KPU Talaud jelang Pemilihan Kepala Daerah.

“Pantarlih mempunyai peran penting dan strategis dalam memastikan Data Pemilih yang akurat yang digunakan pada Pilkada Tahun 2024. Diperlukan Kejujuran dan Komitmen serta Integritas yang tinggi dalam melaksanakan tugas secara profesional,” ungkap Ketua KPU Talaud, Andri LJ Sumolang.

Lanjut ia, rekan Pantarlih diharapkan untuk turun langsung ke lapangan. Mendata pemilih dengan cermat serta memastikan tidak ada warga masyarakat yang terlewatih sehingga hak memilih meraka dapat digunakan.

“Pantarlih dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab harus menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independen. Jangan sampai ada kepentingan pribadi atau golongan tertentu yang dapat mempengaruhi kinerja. Bekerjalah demi kepentingan bangsa dan negara,” tegas Sumolang.

Terpisah, Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud, Dr dr Elly Engelbert Lasut, yang diwakili Sekda Yohanis B.K Kamagi mengatakan atas nama Pemerintah Daerah Talaud menyampaikan selamat untuk KPU Talaud, secara Khusus kepada Pantarlih yang nantinya akan bertugas membantu KPU Talaud dalam melaksanakan tugas-tugas di Pilkada 2024 ini.

“Menjadi anggota Pantarlih itu tidak mudah hingga mengikuti proses sampai saat ini. Sehingga saudara dipercayakan mengemban amanah dari KPU Talaud untuk menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kabupaten Talaud,” ucap Sekda Kamagi didepan Pantarlih.

Mengingat Kepulauan Talaud terbagi dari beberapa pulau besar, KPU Talaud melaksanakan kegiatan pelantikan Petugas Pantarlih dan Apel Akbar Coklit Pilkada Serentak tahun 2024 yang dilaksanakan di beberapa tempat berbeda secara bersamaan, yakni di Aula KPU Talaud untuk petugas Pantarlih dari Kecamatan Melonguane, Melonguane Timur dan Beo Selatan.
Sedangkan di BPU Kecamatan Lirung untuk petugas Pantarlih Kecamatan Lirung, Moronge ,Salibabu dan Kalongan, untuk Kecamatan Khusus Miangas bertempat di Tugu Titik Nol Utara NKRI, sedangkan 11 Kecamatan lainnya di wilayah masing-masing. (Jasman)