Terjadi di ToliToli, Wakil Bupati Ngamuk ke Bupati Saat Pelantikan Pejabat

oleh -30 Dilihat
Wakil Bupati ToliToli Abdul Rahman Buding (kemeja biru) saat ngamuk dan memarai Bupati yang sedang berada di podium. Elkana Lengkong
Wakil Bupati ToliToli Abdul Rahman Buding (kemeja biru) saat ngamuk dan memarai Bupati yang sedang berada di podium. Elkana Lengkong

 

 

 

TOLI TOLI – Insiden  sangat memalukan terjadi di Toli Toli, Sulawesi Tengah. Adu jotos nyaris terjadi  antara Wakil Bupati Abdul Rahman Hi Budi dengan Bupati ToliToli HM Saleh Bantilan pada saat acara pelantikan sejumlah pejabat struktural dan fungsional Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten ToliToli,  Rabu (31/1) di Gedung Wanita ToliToli, Sulawesi Tengah.

Insiden bermula saat Bupati ToliToli HM Saleh Bantilan menyampaikan sambutannya dihadapan puluhan pejabat yang  baru saja diambil sumpahnya. Saat itu juga  wakil Bupati Abdul Rahman Hi Buding tiba diruang acara pelantikan, dengan emosi orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten ToliToli ini  langsung menendang meja yang ditempati  Bupati, dan berteriak-teriak dengan suara lantang agar pelantikan ini dihentikan.

Amukan Wakil Bupati itu membuat Bupati HM Saleh Bantilan  yang berada dibalik podium dan sedang memberi sambutan meminta aparat yang hadir di acara itu untuk mengamankan  Wakil Bupatinya itu.

“Tangkap dia” pinta Bupati  dari balik podium. Dan adu mulut antara Bupati dan Wakil Bupatinya  semakin menjadi jadi. Saat itu juga Bupati HM Saleh Bantilan dengan tegas menyatakan pelantikan pejabat struktural dan fungsional yang ia lantik sah dan langsung menutup acara pelantikan itu.

.“Saya ini Bupati, pelantikan ini tetap sah,” kata HM Saleh Bantilan  dari balik podium di hadapan pejabat yang dilantik.

Namun Wakil Bupati Abdul Rahman Hi Buding tetap melakukan aksinya  dengan mencak-mencak. Wakil Bupati sangat kesal terhadap sikap Bupati  yang melakukan rekrutmen sejumlah pejabat struktural dan fungsionaris di lingkup Pemda Kabupaten ToliToli dengan tidak melibatkannya sebagai Wakil Bupati yang membidangi pengawasan.

Namun, menurut Wakil Bupati, selama dua tahun mendampingi Bupati HM Saleh Bantilan, dirinya merasa lebih banyak mengetahui kinerja aparat, sebab selama dua tahun ini, katanya, Bupati tidak pernah berada di tempat dan lebih banyak berada diluar daerah. “Selama dua tahun kepemimpinan kamilah yang mengetahui Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Daerah, Bpk (Bupati)justru  hanya sering keluar daerah,” kata Abdul Rahman Hi Buding dengan nada tinggi. Elkana Lengkong

Wakil Bupati ToliToli Abdul Rahman Buding (kemeja biru) saat ngamuk dan memarai Bupati yang sedang berada di podium. Elkan Lengkong