Digelar 27 Juni, Manado Jadi Tuan Rumah Hari UMKM Internasional

oleh
Panitia bertemu dengan stakeholder terkait membahas persiapan Hari UMKM Internasional. (Istimewa)
Panitia bertemu dengan stakeholder terkait membahas persiapan Hari UMKM Internasional di Kota Manado. (Istimewa)

MANADO—Kota Manado menjadi tuan rumah penyelenggaraan Hari Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) Internasional, yang akan digelar 27 Juni 2018.

Kegiatan ini diprakarsai oleh International Council for Small Business ( ICSB). ICSB  merupakan organisasi yang berpusat di  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) New York, Amerika Serikat (AS), akan menggelar kegiatan serentak di seluruh dunia. Di Indonesia ada empat kota yang dipilih menjadi tuan rumah yaitu Jakarta, Aceh, Jogjakarta dan Manado.

Ketua Umum Panitia Hari UMKM Internasional Jeffry A.M. Dendeng mengatakan, untuk Manado persiapan pelaksanaan sudah sangat siap.  Menurut Dendeng yang juga sebagai Direktur ICSB SulutGo, bahwa kegiatan ini akan mengangkat tema  Humane Entrepeneurship for better Indonesia. Even ini nantinya dilaksanakan di Atrium Manado Town Square pada 27 Juni 2018.

“Selain talkshow ada juga pameran pelaku UKM Kreatif yang kami pilih ada beberapa sebagai perwakilan UKM karena memang tempat terbatas,” ujarnya Minggu, 24/6/2018.

Dikatakannya, yang menjadi pembicara pada kegiatan bertaraf internasonal ini akan diisi pemerintah daerah, hingga lembaga terkait yang berhubungan dengan UMKM. “Yang menjadi  keynote speaker Bapak Wakil Gubernur, kami juga menghadirkan beberapa pembicara seperti dari Bank Indonesia, Pemprov, pelaku usaha dan akademisi, serta perwakilan pelaku Wirausaha,” katanya

Selain pameran dan talkshow ada juga penampilan hiburan dan berbagai gift dari Bank SulutGo.

Adapun, kegiatan ini adalah kerjasama ICSB SulutGo dan IMA Manado serta didukung oleh berbagai pihak, diantaranya Markplus, Pemprov Sulut, Kadin, HIPMI dan kampus-kampus yang ada di Sulut.

Sementara itu, Ketua Harian Panitia hari UMKM internasional  Happy Korah mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap UKM yang ada di Sulut. “Kegiatan ini sangat strategis, untuk membawa UMKM Sulut lebih maju dan berkembang di pasar nasional hingga internasional,” ujarnya

Sekretaris Panitia hari UMKM Internasional Ivanry Matu mengatakan, bahwa kegiatan tersebut akan dihadiri berbagai pihak yang berkompetisi di sektor UMKM. “Untuk para peserta melibatkan beberapa pilar ekonomi yaitu pihak akademisi, peneliti, pemerintah, asosiasi, komunitas dan pelaku usaha hingga rekan pers,” papar Matu yang juga sebagai City Coordinator ICSB Manado. (stn)