Assa Dilantik Penjabat Sekkot Gantikan Usulu

oleh -
Wali Kota Vicky Lumentut memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Penjabat Sekkot, kemarin.
Wali Kota Vicky Lumentut memimpin pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Penjabat Sekkot, kemarin.

MANADO — Wali Kota Vicky Lumentut resmi melantik Peter Bart Assa sebagai Penjabat Sekretaris Kota (Sekkot) Manado menggantikan Rum Usulu, di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota, kemarin. Pelantikan dan pengambilan sumpah janji penjabat sekkot turut disaksikan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene serta para pejabat di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

Dalam sambutannya, Lumentut menyampaikan terima kasih kepada Rum Dj Usulu atas pengabdian dan loyalitas serta kerja keras yang dilakukan selama menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Sekkot Manado sejak 2016 lalu. “Saya bangga dan berterima kasih kepada Bapak Rum Usulu, selama menjabat Plt Sekkot Manado kurang lebih dua tahun ini, telah mendampingi kami mengelola tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan baik,” kata wali kota dua periode tersebut.

Menurutnya, peran selaku Sekkot Manado tidaklah mudah. Meskipun, jabatan sekkot merupakan jabatan karir tetapi tidak lepas pula dari politik. Sehingga, sebagai seorang Sekkot dibutuhkan seni untuk mengelola pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. “Tugas sekkot sangat berat karena normatifnya jabatan ini adalah jabatan karir tetapi kenyataannya tidak 100% seperti itu. Karena jabatan sekkot juga akan berhadapan dengan politik. Di sanalah seni yang harus dimainkan seorang sekkot. Terima kasih Pak Rum Usulu telah memainkan dengan cantik dan luar biasa di tengah situasi pilkada yang baru saja selesai,” tandas Lumentut.

Dia menambahkan, sejak 2016 Kota Manado telah mengalami kemajuan dan semakin hari semakin baik. Hal ini juga, tidak lepas dari peran Rum Usulu saat menjabat Plt Sekda Manado. “Realita sekarang ini, Manado makin hari makin baik, makin kondusif, maju putaran ekonominya dan meningkatkan kesejahteraan warganya. Ini tidak lepas pula dari Pak Rum Usulu sebagai Plt Sekda Manado,” tukas Lumentut. Dalam kesempatan itu, Lumentut juga berterima kasih kepada Suryani Usulu Thalib isteri tercinta Rum Usulu.

Selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Manado, telah memberikan sumbangsihnya dalam mendukung tugas suami selama dua tahun menjabat Plt Sekkot Manado. “Tugas-tugas Pak Rum sebagai Sekkot lebih banyak di kantor. Sehingga, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Ibu Suryani Usulu Thalib yang telah mendukung tugas-tugas Pak Rum,” tuturnya.

Dirinya berharap, Penjabat Sekkot Peter KB Assa dapat melanjutkan apa yang telah dilakukan Usulu serta melakukan terobosan dalam pengelolaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kota Manado. “Kepada Peter Assa selaku Penjabat Sekda yang baru dilantik, saya minta untuk bisa melanjutkan tugas-tugas yang ditinggalkan Pak Rum Usulu, termasuk jika ada temuan BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) yang harus kita tindaklanjuti. Silahkan konsultasikan dengan Pak Rum. Berikan yang terbaik untuk Kota Manado yang berbeda suku, agama dan ras ini,” pungkasnya. Lumentut pun meminta Usulu untuk membantu Pemkot Manado dalam tugas sebagai Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Sementara itu, Penjabat Sekkot Peter Assa mengaku siap menjalankan kepercayaan pimpinan dengan baik dan penuh tanggung jawab. “Ini bukan tugas yang mudah. Namun, saya akan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan tata kelola pemerintahan dan bersinergi dengan stakeholder terkait untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh warga Kota Manado,” janji Assa.(get)