Bandara Sam Ratulangi Manado Ramah Bagi Kaum Difabel

oleh -
Bandara Samrat Rama Bagi Kaum Difabel (KORAN SINDO MANADO/MARCOS BUDIMAN)
Bandara Samrat Rama Bagi Kaum Difabel (KORAN SINDO MANADO/MARCOS BUDIMAN)

MANADO—Bandara internasional Sam Ratulangi (Samrat) Manado terus melakukan pembenahan fasilitas guna meningkatkan kenyamanan pengguna jasa. Salah satunya fasilitas bagi penumpang berkebutuhan khusus (difabel).

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai mengatakan, untuk memberikan kenyamanan bagi kaum difabel, pihaknya telah menyediakan fasilitas kursi roda (wheelchair) bagi penumpang berkebutuhan khusus.

“Kursi roda ini merupakan fasilitas yang dapat digunakan oleh calon penumpang berkebutuhan khusus atau difabel atau juga  orang tua yang memerlukan,” jelas Gandeguai, Senin, (23/7/2018).

Menurut dia, tempat kursi roda tersebut berada di dekat tempat Costumer Service yang berada di dekat pintu keberangkatan. Sebab kata dia, hal ini untuk memudahkan penumpang yang membutuhkan bantuan untuk mendapatkan bantuan pelayanan, termasuk fasilitas kursi roda.

“Ada dua unit kursi roda yang kami tempatkan di konter Customer Service di lobby keberangkatan. Selain itu pihaknya juga menyiapkan personel customer service yang bertugas untuk melayani kebutuhan pengguna kursi roda tersebut, hingga membantunya melakukan  proses check in,” ujarnya.

Bandara Sam Ratulangi sebelumnya telah melakukan penataan jalur kendaraan roda empat, baik di area keberangkatan maupun kedatangan, sehingga kehadiran fasilitas kursi roda ini diharapkan dapat semakin mempermudah calon penumpang maupun pengantar.

“Selain datang langsung ke konter customer service, calon penumpang juga dapat memanfaatkan Call Center 172 untuk memesan kursi roda tersebut. Nanti operator akan langsung menghubungi petugas Customer Service kami di terminal,” tuturnya

Selain fasilitas yang memudahkan pengguna jasa tersebut, beberapa pengerjaan fasilitas di area terminal yang telah rampung adalah taman landscape dengan konsep ruang terbuka (open space) yang terletak di depan terminal, tepatnya di tengah area parkir kendaraan roda empat. (stn)