Percepat Pengiriman Paket, JNE Bangun Mega Hub Rp500 Miliar

oleh -
JNE Bangun Mega Hub
JNE Bangun Mega Hub

JAKARTA – Perusahaan jasa pengiriman JNE membangun Mega Hub dengan menggandeng Damon, perusahaan penyedia alat pendukung operasional logistik dan supply chain yang berpusat di Shanghai.

Pembangunan Mega Hub ini sebagai upaya mempercepat pengiriman barang. JNE menggelontorkan Rp500 miliar untuk pembangunan Mega Hub.

Mega Hub ini akan dibangun di Kedaung Wetan, Neglasari, Tangerang dengan luas lahan 3,9 ha. Nantinya bangunan Mega Hub seluas 1,9 ha.

“Kami berharap, setelah tahap awal berjalan, proses pembangunan Mega Hub ini akan berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan target yang ditetapkan,” kata Presiden Direktur JNE, M Feriadi saat penandatangan Mou JNE dengan Damon di kantor pusat JNE, Tomang, Jakarta, Senin (31/7/2018).

Berdasarkan dari sindonews.com, Rencananya Mega Hub ini mampu menangani sekitar 30 juta paket per bulan atau 1 juta per hari, yang berarti sama dengan 48.000 paket per jam.

Dengan kapasitas tersebut, JNE memastikan siap menangani lebih banyak paket kiriman ke pelosok Tanah Air maupun 250 negara.

Pembangunan Mega Hub ini bukannya tanpa sebab. Diketahui, pasar e-commerce di Indonesia berkembangan sangat pesat. Pada 2017, nilai transaksi e-commerce sebesar USD130 miliar.

Angka tersebut meningkat 5,7 kali lipat dari tahun sebelumnya yang mencapai angka USD22,6 miliar. Diprediksi pada 2020, pertumbuhan e-commerce di Indonesia mencapai 130%.

Meningkatnya perkembangan e-commerce turut dirasakan JNE. Sejak 2010 dengan munculnya e-commerce di Indonesia, pertumbuhan bisnis kurir ekspres dapat mencapai 30-40% per tahun.

Hingga hari ini, jumlah paket pelanggan yang dikirimkan oleh JNE terus bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan dalam beberapa bulan terakhir, jumlah kiriman yang ditangani mencapai rata-rata 19 juta paket per bulan, bahkan meningkat lebih dari 20 juta paket pada momen Ramadhan dan Idul Fitri lalu.

Itu berarti setiap hari JNE mengirimkan sekitar 600.000 paket ke berbagai tujuan di dalam mau pun luar negeri.

Feriadi berharap dengan meningkatnya kapasitas JNE akan mampu menambah daya saing dan membantu UMKM di Indonesia untuk bisa tumbuh serta berkembang. “Saat ini bukan yang kuat mengalahkan yang lemah, tapi yang cepat mengalahkan yang lambat,” lanjutnya.

Founder & President Director of Demon Group Harry Zhou sangat senang bekerja sama dengan JNE. Menurut Jakarta berkembang sangat pesat dan penuh energi.

Damon sangat percaya diri dengan proyek ini karena berpengalaman dalam membangun Mega Hub. “Ini proyek yang sangat penting bagi kami dan JNE,” katanya. puguh hariyanto