Kompetisi Basket dan Bola Voli SMA dan SMK Perebutkan Piala Kapolda Sulut

oleh -
Foto bersama usai pembukaan kompetisi baske dan bola voli memperebutkan Piala Kapolda Sulut di lapangan SMAN 1 Manado. (istimewa)

MANADO-Kompetisi basket dan bola voli antar SMA dan SMK se-Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dalam memperebutkan piala Kapolda Sulut mulai bergulir.

Kompetisi ‘Smansa Cup 2018’ dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI, HUT ke-54 Provinsi Sulut dan dies natalis ke-58 SMAN 1 Manado tahun 2018 ini, dibuka secara resmi oleh Kapolda Sulut diwakili Irwasda Polda Sulut, Kombes Pol Hotman Simatupang, di Lapangan Basket SMA Negeri 1 Manado, kemarin.

Dalam sambutannya, Irwasda mengatakan, kompetisi kali ini diharapkan dapat menjadi ajang dalam meningkatkan prestasi sekolah sekaligus mencari bakat dan menjaring bibit atlet-atlet basket dan bola voli di Sulawesi Utara.

Kompetisi seperti ini agar secara terus-menerus diagendakan secara rutin sehingga dapat menjadi wahana dalam pembinaan dan pengembangan kemampuan tim dan para atlet,” ujar Irwasda.

Beliau juga berpesan kepada seluruh peserta kompetisi, manajer serta official yang ikut serta pada turnamen ini agar menjunjung tinggi semangat sportivitas dalam pertandingan dengan dilandasi mental kejuangan dan semangat pantang menyerah untuk meraih prestasi.

Kepada para wasit dan inspektur pertandingan, diharapkan agar bertindak adil dalam mengambil keputusan sesuai dengan aturan-aturan yang menjadi dasar dalam pertandingan basket dan bola voli,” tuturnya.

 Kepala Sekolah (Kasek) SMANegeri 1 Manado Sherly Kalangi menuturkan, ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakn setiap tahun.

Kita harapkan dengan kegiatan ini dapat diperoleh bibit-bibit atlet yang hebat dikemudian hari, baik tingkat propinsi maupun nasional, juga sebagai ajang silaturahmi, meningkatkan solidaritas, mengembangkan minat dan bakat siswa serta mempersiapkan masyarakat pelajar akan pentingnya kesehatan dalam berolahraga,” ujarnya.

Dimulainya pertandingan ditandai dengan pelepasan balon ke udara dan pemukulan bola voli pertama oleh Irwasda Polda Sulut

Kompetisi ini digulir mulai 27 Agustus hingga 12 September 2018. Khusus untuk bola voli diikuti oleh 23 Tim Putra dan 13 Tim Putri, sedangkan basket diikuti oleh 19 Tim Putra dan 11 Tim Putri.

Hadir dalam pembukaan tersebut, Gubernur Sulut diwakili Kepala Satuan Pol PP Sulut Steven Liow dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulut. (ivo)