Tim Kemkes Tinjau Petugas Kesehatan di Wilayah Kepulauan

oleh -
Kabid SDMK FAK Dinkesda Provinsi Sulut, Djonny Matali. (DOK SINDO)

MANADO-Tim Kementrian Kesehatan (Kemkes) RI lewat Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Pusrengun SDMK) akan meninjau pelayanan kesehatan di wilayah kepulauan Sulut. Kali ini, tim Kemkes akan mengunjungi Kabupaten Sangihe.

Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo melalui Kabid Sumber Daya Kesehatan dan Farmasi Alat Kesehatan (SDMK-FAK), Djonny Matali mengatakan,tim Kemkes akan berkunjung ke Sangihe Jumat (14/12). Kunjungn inimerupakan Program Nusantara Sehat terkait penempatan tenaga kesehatanuntuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK).

“TimKemkes akan berkunjung ke sejumlah puskesmas di Sangihe. DinkesdaPemprov Sulut akan ikut melakukan pendampingan,” kata Matali, Selasa(11/12).

Lanjut dia, kunjungan ini sebagai bentuk evaluasi program akhir tahun untuk melihat penempatan petugas pelayanan kesehatan, baik dokter, perawat dan bidan yang bertugas di puskesmas wilayah kepulauan.

“Intinya, mereka ingin memastikan program Kemkes terkait pelayanan tingkat bawah berjalan baik atau tidak,” tuturnya.

Matali mengatakan, jika nantinya sesuai hasil amatan petugas pelayanan kesehatan masih kurang, nantinya akan dipenuhi lewat Program Nusantara Sehat tersebut. Dijelaskannya, Kemkes akan mengirim petugas kesehatan di wilayah kepulauan yang punya sertifikat yang mendaftar ke Kemkes yang nantinya menjadi tenaga kontrak nusantara.

“Kemkes mengirim tim kesehatan ke setiap puskesmas kepulauan sebanyak lima orang, yakni masing-masing satu dokter, bidang, tenaga kefarmasian, apoteker/asisten apoteker, dan tenaga kesehatan masyarakat. Mereka akan bertugas dengan batas waktu tertentu sesuai kontrak,” pungkasnya.(rivco)