Hadirkan Pelatih Timnas Asian Games 2018, SIV Paralayang Manado Sukses Digelar

oleh -
Tampak salah satu peserta SIV Manado saat beraksi di langit Kota Manado. (ist)

MANADO — Simulationd’ Insident en Vol (SIV) atau simulasi terjadinya insiden saat terbang paralayang, yang dihelat di Manado Skyline Tetempangan Hill, sejak 7 Desember 2018, berlangsung sukses.

Ketua Tim Kerja SIV Manado 2018 Hery Inyo Rumondor mengungkapkan, peserta yang mengikuti kegiatan yang masuk Calendar of Event (CoE) PB FASI 2018 ini, berjumlah 34 pilot paralayang dari seluruh Indonesia.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kami di Sulawesi Utara yang mendapatkan kepercayaan melaksanakan kegiatan ini,” ujar Rumondor, kepada wartawan di landing area, Tongkang Pantai Bulo, Kamis (13/12/2018).

Dia menjelaskan, kegiatan ini sudah yang ketiga kali dilakukan, di tempat yang sama. Pada 2016 dan 2017 instruktur berasal dari Perancis dan tahun ini, yangmenjadi instruktur adalah pelatih Timnas Indonesia di Asian Games 2018, Teguh Maryanto.

“Ini merupakan terobosan sekaligus pencapaian membanggakan, di mana pelatih dalam negeri mampu mengajarkan berbagai manuver acro dengan tidak adanya accident (kecelakaan),” sebut Rumondor.

Sementara itu, Ketua Paralayang Indonesia Wahyu Yudha Dewanto, mengapresiasi suksesnya pelaksanaan kegiatan ini.

Menurut dia, apa yang dilakukan tim kerja Manado, akan dijadikan contoh dan ukuran untuk pelaksanaan kegiatan sejenis pada tahun-tahun mendatang.

“Salut dan ucapan terima kasih bagi pelaksana, seluruh komunitas Paralayang dan Fasida Sulut yang telah bahu-membahu, sehingga SIV 2018, berjalan sukses tanpa hambatan,” kata Wahyu.

Sekadar diketahui, materi pelatihan SIV Manado 2018, yakni melakukan berbagai manuver seperti Spin to Exit, Spin to BackFly,  Acymetric Colapse, Front Tag,Dinamic Stall, Full Stall dan Helico. kimgerry