Bandara Samrat Jamin Keamanan Penumpang Selama Natal Tahun Baru

oleh -
Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019.

MANADO—Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019.

Posko Nataru ini dimaksud menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang. Sebab diperkirakan selama periode Nataru jumlah penumpang akan mengalami peningkatan dibandingkan hari biasa.

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw mengatakan, secara umum Bandara Sam Ratulangi sudah siap melayani pergerakan penumpang selama Natal dan Tahun Baru. Hal itu dikatakan Steven saat meninjau langsung di Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Secara defacto saya sampaikan angkutan natal tahun baru airport Sam Ratulangi siap aman dan nyaman bagi konsumen,” jelas Steven, Kamis, 20/12/2018

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E.T Gandeguai menerangkan, Posko Nataru  merupakan agenda rutin tahunan dalam rangka memonitor serta memastikan kelancaran, keamanan serta keselamatan para pengguna jasa angkutan udara yang tiba maupun berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado.

“Bandara Sam Ratulangi bersama stakeholder, kita sama-sama memberikan pelayanan yang maksimal bagi para pengguna jasa,” jelas Minggus, saat membuka Posko Terpadu Angkutan Udara Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2018/2019.

Minggus mengatakan, melihat tahun sebelumnya, selama periode Nataru 2017 terdapat pergerakan penumpang sebanyak 187.000 orang, pesawat  1.700 penerbangan serta kargo yang mencapai 1.032 ton.

Karena itu, pihaknya memprediksi pada periode Nataru tahun ini terdapat peningkatan arus penumpang sebesar 2%, pergerakan pesawat sebesar -5% dan kargo sebesar 4%.

Menurut Minggus, tren pertumbuhan penumpang sudah terekam selama  Januari hingga November 2018. Pada periode itu Bandara Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 2.544.734 penumpang atau naik 4% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan untuk wisatawan asing yang masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mengalami kenaikan mencapai 63% atau sebesar 115.838 wisman. (stenly sajow)