Jalan ke Bandara Kuabang Diblokir, Wings Air Tunda Penerbangan Manado-Kao-Manado

oleh -
Akses ke Bandar Udara Kuabang, Halmahera Utara di blokir, wings air tunda penerbangan rute Manado-Kao dan Kao-Manado. Foto: KORAN SINDO MANADO/Marcos Budiman.

MANADO – Wings Air memutuskan untuk membatalkan penerbangan IW-1176 Manado ke Kao (Halmahera Utara/Haltara) dan IW-1177 Kao menuju Manado. Hal tersebut dikarenakan terjadi pemblokiran jalan (akses) menuju bandar udara, Selasa, 8/1/2019.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan resminya mengatakan, penerbangan yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (MDC) menuju Bandar Udara Kuabang yang berlokasi di Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (KAZ), telah dijalankan menurut standar operasional prosedur (SOP).

“Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan (safety first), Wings Air hari ini (8/1/2019) memutuskan untuk membatalkan penerbangan IW-1176 Manado ke Kao dan IW-1177 Kao menuju Manado. Hal tersebut dikarenakan terjadi pemblokiran jalan  menuju bandar udara,” jelas Danang.

Menurut Danang, Wings Air sudah menjalankan SOP dan memberikan keterangan terkait pembatalan terbang rute Manado – Kao – Manado kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalanannya hari ini (kemarin).

Dalam memberikan kenyamanan seluruh penumpang, Wings Air menawarkan dan memfasilitasi antara lain pengembalian dana  (refund), perubahan rute terbang (reroute) atau perubahan jadwal berangkat (reschedule) berdasarkan aturan yang berlaku.

Wings Air rute Manado – Kao – Manado akan berjalan normal kembali, setelah bandar udara dinyatakan aman untuk penerbangan. Hingga saat ini, Wings Air merupakan satu-satunya airlines yang beroperasi di Bandar Udara Kuabang, memiliki frekuensi terbang satu kali setiap hari.

Wings Air senantiasa berkoordinasi intensif kepada pihak terkait dan akan memberitahukan informasi lebih lanjut sesuai perkembangan terbaru. Wings Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Wings Air lainnya tidak terganggu. (stenly sajow)