Selama 2018, Bandara Sam Ratulangi Salurkan Rp1,8 miliar Pinjaman ke UMKM

oleh -
Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado terus mendorong pertumbuhan UMKM di provinsi Sulut lewat pinjaman modal usaha. (Foto: Istimewa)

MANADO—Selama 2018, PT Angkasa Pura I, Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado telah menyalurkan sekira Rp1,8 miliar pinjaman kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Communication & Legal Section Head Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado, Angga Maruli menerangkan, perseroan tidak hanya fokus sebagai operator bandara, akan tetapi peduli pada pengembangan UMKM di Sulut.

“Selama periode tahun 2018 kami sudah menyalurkan Rp1,8 miliar untuk program kemitraan,” ujar Angga, Rabu, 13/2/2019.

Menurut Angga,  perseroan menyalurkan dana tersebut untuk membantu pertumbuhan UMKM sehingga menjadi kompetitif. Program dana bergulir ini dinilai tidak memberatkan pelaku usaha dimana besaran bunga pinjaman jauh lebih kecil dari bungan perbankan.

Adapun saat ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditawarkan perbankan dengan bunga 7% per tahun. “Bunganya hanya 6% pertahun,” jelasnya.

Karena itu Angga berharap, dari bantuan modal tersebut bisa membuat UMKM menjadi lebih mandiri dalam mengelola usahanya.  Sehingga dengan  bisnis yang semakin berkembang dapat memberikan kontribusi positif pada ekonomi daerah.

Kabar baiknya kata dia, bantuan dana kemitraan ini tidak hanya dilakukan pada 2018 akan tetapi akan sudah menjadi salah satu program unggulan setiap tahunnya untuk mengembangkan UMKM. “

Penyaluran pinjaman ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I,” terangnya.

(stenly sajow)