Lepas 95 Lulusan Sarjana, Kandou Ingatkan Jaga Nama Baik Almamater

oleh -
FOTO: Dekan FKM Grace Kandou memberikan sambutan di acara pelepasan lulusan Sarjana FKM di Hotel Aryaduta Manado. (Ist)

MANADO-Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Prof Grace Kandou melepas sekira 95 lulusan mahasiswa FKM yang telah menyandang gelar Strata Satu (S1) di Hotel Aryaduta Manado, Kamis (14/2/2019).

Kandou kesempatan itu mengatakan, bahwa para lulusan kiranya dapat menjaga nama baik almamater FKM Unsrat saat bekerja ataupun beraktivitas. Menurutnya, momen ini yang paling ditunggu-tunggu oleh para wisudawan-wisudawati sebagai alumni yang baru.

“Tentunya semua sangat berbangga, akhirnya selama kurang lebih empat tahun dan hari ini boleh selesai. Tentunya ini pengorbanan yang tidak sedikit. Kami yakin yang lulus disini tidak yang tidak ada ijasah,”kata Kandou.

Lanjut dia, selaku pimpinan FKM, Kandou berharap agar lulusan yang baru dapat mengejar cita-citanya. Dia berharap agar para lulusan yang baru tetap menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Tenaga kalian tentunya sangat dibutuhkan di era yang kini memasuki revolusi 4.0. Kalau kita tidak mengembangkan diri, akan ketinggalan. Karena ini bukan titik akhir, tapi titik awal sebuah perjuagan,”tuturnya.

Dia memberikan apresiasi kepada para orang tua, yang terus berjuang membantu pendidikan sang anak di FKM.

“Banyak selamat kepada sarjana yang baru. Tataplah masa depan dengan penuh motivasi yang tinggi. Motivasi itu atas pertolongan Tuhan,”ungkapnya.

Kandou juga menjelaskan, bahwa FKM sudah memasuki 10 tahun sebagai Fakultas yang mandiri. Namun untuk program studi (prodi) sudah 18 tahun.

“Jadi alumni FKM Unsrat sudah berkiprah di mana mana. Memang FKM mempunyai banyak jurusan. Ada enam jurusan, jadi lulusan bisa masuk di perusahaan atau instansi pemerintah,”paparnya.

Ketua Panitia, dr Chreisye Mandagi menjelaskan, kegiatan pelepasan Sarjana FKM angkatan 42 tersebut, terselenggara dengan baik berkat dukungan dari panitia yakni mahasiswa FKM sendiri.

“Kami panitia acara, tetapi ada juga panitia dari mahasiswa. Mereka yang menyiapkan semuanya, termasuk biaya dan rangkaian kegiatan saat ini,” tutur Mandagi.

Dia juga berharap, para lulusan nanti dapat mengabdi untuk masyarakat di berbagai bidang pekerjaannya, serta tidak takut untuk bersaing di dunia kerja.

“Ada banyak tantangan pastinya. Ini jangan dijadikan akhir, tetapi awal untuk meraih cita-cita demi menggapai kesuksesan,” tandasnya. (rivco tololiu)