Bank Rakyat Indonesia Terus Tingkatkan Mutu Pelayanan

oleh
Direktur Jaringan dan Layanan BRI Osbal Saragih (Kedua dari kiri) bersama para pimpinan BRI lainnya foto bersama dalam kegiatan bertajuk “BRI Service Excellence Competition” di Hotel Four Point by Sheraton Manado. (Foto: Istimewa)

MANADO— Meningkatkan mutu pelayanan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar kompetisi antarkaryawan BRI pada Sabtu (23/2) pekan lalu.

Kegiatan bertajuk “BRI Service Excellence Competition” ini dilaksanakan di Hotel Four Points by Sheraton Manado.

Direktur Jaringan dan Layanan Bank BRI, Osbal Saragih mengatakan, kegiatan ini selain bentuk silaturahmi juga merupakan ajang peningkatan kualitas pelayanan bagi seluruh cabang BRI di Indonesia.

“Saya selaku Direktur Jaringan dan Layanan merasa bertanggung jawab ingin memperbaiki fasilitas layanan BRI di seluruh pelosok Tanah Air, meskipun kami bank besar dengan kinerja bisnis yang bagus, harus pula diikuti dengan kinerja layanan. Dan inilah yang kita gelorakan tahun ini, di seluruh Indonesia hampir semua kantor wilayah kami hadir,” ungkapnya kepadaKORAN SINDO MANADO.

Lanjut dia, pihaknya telah membangun lima zona. “Ini zona terakhir. Zona pertama Jakarta, seluruh daerah di Jakarta karena perputaran dan simpanan eksposur kami hampir 70% di Jakarta. Lalu ada zona Sumatera, selanjutnya Bandung dan beberapa daerah Jawa lain, lalu ada Surabaya, dan ini yang kelima yang terdiri dari Manado, Banjarmasin, Makassar dan Jayapura,” terangnya.

Dia juga menjelaskan, kegiatan ini lebih kepada internal. BRI berupaya melakukan perubahan budaya layanan yang selama ini dinilai cukup baik, namun pihaknya menegaskan ingin lebih lagi memuaskan nasabah.

Bentuk kegiatannya sendiri, kata dia, dilakukan beragam. “Kegiatan pertama adalah motivasi. Jadi di sini saya memberikan motivasi kepada seluruh peserta yang hadir. Kemudian yang kedua ada lomba keterampilan dalam menghadapi nasabah. Lalu ada fragmen di mana pemimpin cabang akan presentasi bagaimana meningkatkan layanan. Salanjutnya frontliner dari setiap kanwil diuji kemampuannya,  dan di akhir acara ada pemberian gelar juara bagi pemenang,” terangnya lagi.

Lanjut dia, pemilihan Manado sebagai tempat zona kelima kali ini karena banyak hal yang menarik di Manado, kota yang cukup terkenal dengan pariwisatanya. Selain itu, dipilihnya Manado kerena letak strategisnya yang berada tepat di tengah Makassar dan Papua.

Dia juga mengatakan, perlombaan kali ini dihadiri oleh 20 cabang BRI. Setiap cabang diisi lima orang termasuk satu pimpinan cabang. Kurang lebih ada 100 orang peserta lomba. Selain itu, setiap cabang memilikisupporter masing-masing. Terdapat sekira 500 orang yang hadir berpartisipasi.

“Di sini kami mengupayakan desain kualitas layanan menjadi customer-sentris, dengan menerapkan konsep SMART, Sigap, Mudah atau memberikan kemudahan, akurat tidak ada kesalahan, ramah, dan terampil. Intinya peningkatan kualitas layanan,” ujarnya lagi.

Dengan terselenggaranya acara ini, ia berharap ke depannya BRI dapat memberikan kualitas layanan yang lebih baik lagi.  (Ilona Piri)