1.000 Orang Ikut Millenial Road Safety Festival di Sangihe

oleh -
Kegiatan Millennial Road Safety Polres Kepulauan Sangihe. (FOTO: Istimewa)

TAHUNA- Polres Sangihe mengelar kegiatan Millenial Road Safety Festival 2019 yang dipusatkan di Pelabuhan Tua Tahuna,  Sabtu (2/03/2019).

Selain generasi millennial, kegiatan ini juga dihadiri tokoh agama, tokoh masyarakat, Forkopimda juga Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, serta Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Tak hanya di Sangihe, kegiatan serupa juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Sangihe pesertanya didominasi pelajar dan mahasiswa, yang jumlahnya sekira 1000 orang.  Mengusung “I Kite Tau Generasi Millennial Sangihe dan Sitaro Cinta Lalu Lintas, Indonesia Gemilang”.

Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP S Napitu, mengatakan, di era millennial ini, dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, Lalu lintas telah menjadi urat nadi mobilitas kehidupan manusia.

Kata Kapolres, pemerintah melaksanakan rencana umum Nasional Keselamatan yang terdiri dari, Manajemen Keselamatan Jalan (Road Safety Management), Jalan yang berkeselamatan (Safer Road), kendaraan yang berkeselamatan (Safer Vehicle), Pengguna jalan yang berkeselamatan (Safer People of Road Users), serta Respon Pasca Keselamatan (Post Crash Response).

“Generasi Millennial merupakan salah satu generasi yang menjadi perhatian dalam Berlalu lintas, Hal ini disebabkan karena 57 % korban laka lantas di Indonesia adalah usia produktif yaitu dari usia 15 sampai 38 tahun yang kita kenal sebagai generasi Millennial,” ungkap Napitu.

Kapolres Juga menambahkan, dengan kegiatan Millennial Road Safety Festival diharapkan dapat menciptakan Generasi Millennial yang peduli dan patuh dalam berlalu lintas. Serta relawan-relawan lalu lintas millennial dapat berperan aktif dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan Fatalitas korban meninggal dunia di wilayah Kabupaten Sangihe dan Sitaro.

Pada kesempatan tersebut, Bupati kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana menyambut baik kegiatan ajakan kepada kaum millennial. Bupati menitikberatkan pada kesadaran masyarakat khususnya generasi millennial untuk tertib lalulintas taat aturan serta sama-sama mengkampanyekan kesadaran tertib berlalulintas di jalan. “Di sinilah penting kesadaran kita bahwa tertib berlalulintas adalah kewajiban,” tegas Gaghana.

Selain apel bersama, berbagai kegiatan seperti deklarasi Millennial Road Safety, dilanjutkan jalan sehat dan berbagai atrasi menarik untuk mengisi acara tersebut. (Andy Gansalangi/KORAN SINDO MANADO)