KPP Pratama Kotamobagu Gelar Event Spectaxcular, Ajak Wajib Pajak Lapor SPT

oleh -
Event Spectaxcular tersebut digelar di Lapangan Kotamobagu di Jalan Ahmad Yani Kotamobagu, Minggu (17/3/2019), mulai pukul 06.00 WITA sampai dengan selesai. ISTIMEWA

KOTAMOBAGU—Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kotamobagu menggelar Spectaxcular 2019  untuk mengkampayekan pelaporan  Surat Pemberitahuan (SPT) bagi wajib pajak.

Event Spectaxcular tersebut digelar di Lapangan Kotamobagu di Jalan Ahmad Yani Kotamobagu, Minggu (17/3/2019), mulai pukul 06.00 WITA sampai dengan selesai.

KPP Pratama Kotamobagu merupakan salah satu instansi vertikal Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan di Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang mulai dilaksanakan sejak tahun 2016 yang serentak diselenggarakan di seluruh unit Direktorat Jenderal Pajak di seluruh wilayah Indonesia.

Acara ini semula akan dilaksanakan pada 3 Maret 2019 tetapi sehubungan dengan dukacita atas musibah longsor tambang yang terjadi di desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow yang merupakan wilayah kerja dari KPP Pratama Kotamobagu, acara Spectaxcular 2019 diundur menjadi 17 Maret 2019.

Acara Spectaxcular ini dibuat sangat menarik dan bebas untuk umum. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kotamobagu, Denny Tri Satrianto.

Denny mengatakan, tujuan dari acara Spectaxcular ini adalah mengampanyekan penyampaian SPT  Pajak Penghasilan Tahunan Orang Pribadi secara elektronik melalui e-Filing dan eForm. Serta pembayaran secara elektronik melalui e-Billing yang dapat diakses melalui DJP Online (https://djponline.pajak.go.id).

“Apalagi mengingat tanggal 31 Maret setiap tahunnya adalah batas akhir penyampaian SPT Tahunan untuk wajib pajak orang pribadi,” ujarnya.

Menurut dia, pelaporan e-Filing dan pembayaran dengan e-Billing akan memudahkan masyarakat melaksanakan kewajibannya secara efisien dan mengurangi beban administrasi maupun emosional masyarakat karena saat ini masyarakat sangat dekat dan lekat dengan gawainya.

Kemudahan dari penyampaian SPT melalui e-Filing dan e-Form maupun pembayaran menggunakan e-Billing memungkinkan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban perpajakannya di mana saja dan kapan saja cukup dengan gawai yang dimiliki seperti ponsel pintar, tablet atau computer serta koneksi internet tentunya.

Adapun, Kegiatan itu diikuti masyarakat di Spectaxcular ini antara lain Senam Zumba, Fun Games, bagi bagi doorprize dengan hadiah utama dua sepeda, Instagram Photo Contest, dan pelayanan pojok pajak yang melayani konsultasi perpajakan, permohonan atau permintaan EFIN untuk mengakses DJP Online, pembuatan kode billing serta asistensi pengisian e-Filing bagi wajib pajak yang membawa formulir bukti potong 1721-A1 atau 1721-A2.

KPP Pratama Kotamobagu turut mengundang pimpinan daerah yaitu Tatong Bara sebagai Walikota Kota Kotamobagu, Yasti Soepredjo selaku Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow, Nayodo Koerniawan selaku Wakil Walikota Kota Kotamobagu, Jauhari selaku Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara dan beberapa pimpinan dari beberapa instansi vertikal, pimpinan BUMN maupun SKPD di Kota Kotamobagu pada acara ini.

Setelah terselenggaranya acara ini diharapkan kepatuhan Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Kotamobagu untuk melaporkan pajak, harta dan hutang dalam SPT Tahunan WP OP meningkat dari tahun tahun sebelumnya. (stenly sajow)