YVCI Manado, Wadah Salurkan Hobi dan Bersolidaritas lewat Motor

oleh -
Tampak, komunitas YVCI Cabang Manado saat foto bersama. (ist)

MANADO-Yamaha Vixion Club Indonesia (YVCI) Cabang Manado merupakan klub motor yang telah cukup lama berada di Kota Manado. Berdiri sejak Februari 2009, YVCI menjadi wadah bagi anggotanya menyalurkan hobi dan bersolidaritas lewat motor.

Ketua YVCI Cabang Manado Tio Panggohong, mengatakan lewat YVCI setiap anggota dapat tempat berkumpul membicarakan hobi sekaligus jadi tempat membangun solidaritas antar anggota maupun di luar anggota.

Selain sebagai wadah penyalur hobi, banyak hal yang sering kami lakukan di YVCI, seperti cotohnya menginisiasi kegiatan kegiatan sosial. Kebanyakan kami melakukan bakti sosial seperti ke panti asuhan, panti werda, donor darah, menggalang bantuan bencana alam, juga ikut penanaman mangrove,” ujarnya, Senin (18/3/2019).

Ia menambahkan, hingga kini terdapat sekira 158 anggota YVCI Kota Manado. “YVCI sendiri merupakan organisasi besar, karena punya cabang di banyak tempat, termasuk di kota Manado. Di Sulawesi Utara YVCI punya beberapa cabang di beberapa kota. Manado merupakan kota pertama di Sulut. Selain itu organisasi kami merupakan salah satu yang diakui oleh Yamaha Motor Kencana Indonesia,” terangnya lagi.

Hingga kini lewat eksistensi komunitas, YVCI terus kampanyekan keselamatan berkendara. Hal ini menurut Tio sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat yang sering memberikan stigma buruk ‘klub motor’ yang identik dengan sikap ugal-ugalan di jalan.

Ia mengungkapkan, YVCI cukup aktif mengkampanyekan safety riding. “Kami cukup aktif kampanye dengan kepolisian. Kampanye cara berkendara yang baik, standar motor yang aman, hingga penggunaan knalpot dan penggunaan ban. Yang bergabung di komunitas ini biasanya akan kami anjurkan untuk mengenakan standar keamanan yg ditetapkan. Dengan demikian kami berharap bisa merangkul orang-orang di jalanan agar lebih disiplin berkendara,” ujarnya.

Sementara itu anggota YVCI lain, Hana Mamonto mengungkapkan pengalamannya menjadi anggota YVCI. “Banyak hal yang menarik yang saya dapatkan. Selain menyalurkan hobi, saya juga belajar tentang solidaritas dan persaudaraan. Seperti ketika menemukan kesulitan di perjalanan, banyak yang membantu karena banyak kenalan. Saya pernah kecelakaan di Sonder dan teman dari YVCI Tomohon yang bantu,” terangnya.

Ia juga berharap, YVCI selalu mengutamakan keselamatan di Jalan dengan mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga jadi contoh yang baik bagi klub motor lain. (ilona piri)