ibis Manado: Sampah Plastik Berkurang Wisatawan Bisa Bertambah

oleh -
Hotel Ibis Manado menilai Sampah Plastik Berkurang Wisatawan Bisa Bertambah

MANADO–Hotel Ibis Manado City Center Boulevard (IMCCB) menilai, berkurangnya sampah plastik bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak di  Manado, Sulawesi Utara.

“Kalau sampah plastik berkurang maka tamu bisa happy,” ujar Khairi saat press conference, di ibis Kitchen, Kamis, 11/4/2019.

Afif mengatakan, dengan lingkungan termasuk pantai dan laut bersih dari sampah plastik maka wisatawan akan lebih senang berkunjung di Manado, dan tempat wisata lain yang tersebar di Provinsi Sulut.

Karena itu, ibis Manado mengajak pelaku usaha lainnya termasuk yang bergerak di industri pariwisata untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Termasuk botol air minuman kemasan, sedotan dan kantong kresek.

Sebab kata dia, ibis Manado sendiri optimis tahun selama  ini bisa mengurangi  pemakaian botol plastik sekali pakai pada air minum kemasan. “Kami berupaya tidak lagi menggunakan air minum dalam kemasan botol plastik hingga 99% bahkan sampai 100%,” ujar Khairi.

Tak hanya botol plastik air minum sekali pakai,  Ibis Manado juga sudah mengganti sedotan plastik dengan sedotan daur ulang yang ramah lingkungan. “Saat ini, sedotan plastik di restoran tidak lagi kami sediakan, kami menyiapkan sedotan dari kertas yang ramah lingkungan dan disiapkan bila ada permintaan dari tamu,” jelasnya. (stenly sajow)