Diisi Aksi Sosial, FMIPA Unsrat Rayakan Dies Natalis di Kumelembuai

oleh -
Pemeriksaan kesehatan gratis yang digelar Fakultas MIPA kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut. (FOTO: Ilona Piri)

TOMOHON– Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi Manado (Unsrat) merayakan Dies Natalis ke-21 di Kelurahan Kumelembuai Tomohon, Sabtu (27/4/2019).

Menariknya, kegiatan tersebut diisi dengan aksi sosial sebagai pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan dibuka langsung oleh Dekan FMIPA Unsrat, Benny Pinontoan. Dalam sambutannya, dekan mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah menyambut dengan baik kedatangan dosen, staf dan mahasiswa di kelurahan tersebut.

Sejumlah warga, aparatur desa, dosen, dan mahasiswa duduk bersama di Balai Pertemuan Kelurahan menyaksikan rangkaian kegiatan yang digelar. Kegiatan dimulai dengan workshop pemanfaatan tumbuhan obat, dan penyuluhan kesehatan.

Bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Utara, panitia juga menyediakan pemeriksaan kesehatan gratis khusus untuk warga Kumelembuai, Tomohon. Tim Dinkes melakukan pemeriksaan kepada satu per satu warga didampingi oleh panita.

Pada malam harinya digelar pentas seni bagi mahasiswa, dosen, maupun masyarakat yang mau menampilkan bakat berkesenian.

Pertunjukan ini berlangsung meriah. Keesokan harinya dilaksanakan peresmian lantai dan beton Balai Kelurahan yang juga merupakan bentuk bantuan langsung FMIPA untuk warga Kumelembuai. Kegiatan ditutup dengan rapat senat terbuka di Puncak Tetetana yang dihadiri oleh Rektor Unsrat, Ellen Kumaat.

Ketua Panitia, Susan Mambu mengungkapkan kegiatan di Kumelembuai merupakan kegiatan puncak rangkaian Dies Natalis yang telah berlangsung sejak Februari.

“Ini merupakan rangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak Februari, sudah ada lomba-lomba sebelumnya di Fakultas. Untuk pengabdian masyarakat ke desa memang jadi agenda yang biasa kami lakukan tiap Dies,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Kumelembuai Tomohon, Olfi Kaunang mengungkapkan dirinya beserta warga menyambut baik kedatangan dan bantuan-bantuan yang diberikan oleh FMIPA Unsrat.

“Kami berharap kunjungan tersebut memberikan manfaat baik bagi warga desa Kumelembuai,” ungkapnya. (Ilona Piri)