Tampil Beda, Perlihatkan Dua Inovasi Pelayanan Publik hingga Pelayanan Kesehatan Gratis

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat menjelaskan inovasi pelayanan publik Dinkesda Sulut kepada Kabid Perumusan Kebijakan Pelayanan Publim Kemenpan RB, Sri Hartini ketika berkunjung ke stand pameran Dinkesda Sulut. (FOTO:Rivco Tololiu)

MANADO-Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut tampil beda dalam kegiatan Pameran Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2019 yang digelar di Manado Town Square (Mantos), Senin (17/6/2019).

Dari sekian banyak stand yang ikut di pameran se Provinsi Sulut tersebut, hanya Stand Dinkesda Sulut yang terlihat dikerumuni banyak pengunjung. Ada apa ? Ternyata Dinkesda Sulut memperlihatkan dua inovasi unggulannya yakni ‘Mata Sehat Mata Hebat’ dan ‘Anda Tidak Sendiri’ (You Are Not Alone).

Tak hanya itu, Dinkesda Sulut juga memberikan pelayanan kesehatan gratis dan kuis yang disertai pemberian hadiah kepada masyarakat yang berhasil menjawab pertanyaan.

Kepala Dinkesda Sulut dr Debie Kalalo melaui Kabid Pengendalian Penyakit dr Steaven Dandel mengatakan, dua inovasi pelayanan publik tersebut merupakan program unggulan Dinkesda Sulut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Ibu kadis selalu mengarahkan kita untuk terus berinovasi dalam menunjang pelayanan maksimal sebagaimana yang diharapkan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK). Dua inovasi pelayanan publik tersebu tujuannya untuk memberikan pelayanan yang maksimal dan optimal kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dr Rima Lolong menjelaskan, Dinkesda Sulut juga ikut menerapkan pelayanan kesehatan gratis serta kuis berhadiah bagi masyarakat yang berkunjung ke stand.

Banyak sekali pengunjung yang datang. Kita layani mereka satu persatu sembari menjelaskan semua program inovasi yang dipajang dalam stand. Kita juga kesempatan itu ikut mengkampanyekan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas),” jelas Rima.

Esra dan Naomi, dua warga Manado yang berkunjung ke lokasi pameran mengakui, mereka tertarik berkunjung ke stand Dinkesda Sulut karena ada pelayanan kesehatan gratisnya.

Tadi juga mengantri bersama pengunjung lainnya untuk memeriksa kesehatan. Di stand itu juga ada kuis berhadiah. Kita juga diberikan penjelasan terkait sejumlah program pelayanan inovasi yang diterapkan Dinkesda Sulut. Ini kegiatan yang baik bagi masyarakat,” cetus keduanya. (rivco tololiu)