Perkuat UMKM, Pertamina MOR VII Salurkan Program Kemitraan Rp3,4 Miliar

oleh -
PT Pertamina MOR VII kali ini mencapai Rp3,4 miliar yang ditujukan untuk 5 jenis sektor usaha yaitu perdagangan, industri, pertanian, jasa dan sektor peternakan. Istimewa

MANADO—PT Pertamina (Persero) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap pengusaha kecil dan menengah di wilayah Sulawesi.

Sebanyak 57 mitra binaan yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Selatan hadir dalam acara penandatanganan perjanjian penyaluran Program Kemitraan yang bertempat di Kantor PT Pertamina (Persero) MOR VII Jl. Garuda No. 1 Makassar.

Menurut Unit Manager Commucation & CSR Pertamina MOR VII, Hatim Ilwan, total pinjaman modal usaha yang disalurkan oleh PT Pertamina MOR VII kali ini mencapai Rp3,4 miliar yang ditujukan untuk 5 jenis sektor usaha yaitu perdagangan, industri, pertanian, jasa dan sektor peternakan.

“Semuanya telah dilakukan survey dan memenuhi syarat,” ujar Hatim, berdasarkan siaran pers yang diterima KORAN SINDO MANADO, Selasa, 25/6/2019.

Dari 57 mitra binaan tersebut sebanyak 18 orang berasal dari Kabupaten Gowa, 14 orang dari Takalar, empat orang dari Jeneponto, satu orang dari Luwu, dua orang dari Kota Pare-pare, serta 18 orang dari Kota Makassar sendiri.

“Sepuluh diantaranya adalah mitra binaan eksisting yang telah melunasi pinjamannya dan ingin mengembangkan usahanya dengan kembali menjadi mitra binaan Pertamina,” ujar Hatim.

Tercatat hingga  Juni tahun 2019, Pertamina MOR VII sudah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp 4,3 miliar kepada para pengusaha kecil dan menengah di Sulawesi.

“Dan akan terus kami tingkatkan penyalurannya hingga akhir tahun ini,” jelas Hatim. Adapun jangka waktu peminjaman maksimal 3 tahun dengan jasa administrasi sebesar 3% saldo menurun pertahun.

Hadirnya program ini, menurut Hatim, diharapkan mampu meningkatkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) ini menjadi lebih tangguh dan mandiri. “Kita berharap mitra binaan yang saat ini berstatus pengusaha UMKM ini juga bisa lebih sukses dan menjadi saudagar besar,” ujarnya.

Penyaluran yang dilaksanakan di GOR Pertamina MOR VII ini berlangsung ramai, dihadiri oleh mitra binaan yang membawa serta pendamping masing-masing. Dalam acara ini tidak hanya melakukan penandatanganan perjanjian tetapi juga dirangkaikan dengan pembekalan untuk seluruh mitra binaan. Pembekalan dilakukan untuk memberikan berbagai informasi untuk para calon mitra terkait peminjaman yang dilakukan.

Ruslan Nako salah satu mitra binaan dari Makassar yang hari ini menandatangani perpanjangan pinjamannya mengaku senang bisa menjadi bagian dari mitra binaan PT Pertamina. Semula omzet penjualannya hanya berkisar Rp4 juta/bulan. “Senangku, setelah terima pinjaman dari Program Kemitraan Pertamina, omzetku naik mi jadi Rp 7 juta/bulan,” ujar pengusaha yang bergerak di sektor konveksi. (stenly sajow)