Ratusan Peserta OSN Mulai Tiba di Sulut

oleh -
Kontingen Papua Barat foto bersama dua maskot OSN di Bandara Sam Ratulangi. (Foto: Ilona Piri)

MANADO— Sulawesi Utara (Sulut) ditunjuk jadi tuan rumah Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019. Event nasional tersebut akan berlangsung 1 hingga 6 Juli mendatang. Jelang pembukaan, ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia mulai berdatangan Minggu (30/6/2019).

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, Grace Punuh menyambut langsung kedatangan peserta. “Kami mengucapkan selamat datang di Sulawesi Utara kepada seluruh peserta OSN 2019. Semoga bisa berlaga dengan baik mewakili daerahnya,” ungkap Punuh.

Penari kabasaran, kolintang dan dua maskot boneka OSN tampak turut menyambut para peserta yang datang bergantian dari pagi hingga malam hari. Salah seorang peserta dari Papua Barat, Juan Situmorang menyatakan dirinya bangga bisa mewakili daerahnya berlaga di event nasional kali ini.

“Sangat senang bisa datang ke Sulut, saya ke sini mewakili Provinsi Papua Barat di mata pelajaran fisika. Senang juga melihat penyambutan tarian daerah dan musik kolintang yang disajikan,” terang siswa SMA YPPK Seminari Sorong ini.

Kepala Bidang (Kabid) SMA, Arthur Tumipa mengungkapkan, peserta dibagi untuk kedatangan hari Minggu dan Senin.

“Hari minggu akan datang 31 daerah, sisanya akan tiba besok sebelum pembukaan. Akan ada 797 kontingen yang hadir dari 33 provinsi di luar Sulut. Pembukaan OSN akan berlangsung Senin (1/7/2019) di GKIC Novotel Manado dihadiri langsung oleh Mendikbud RI. (Ilona Piri)