Stand Up Comedy Ala Milenial Sulut

oleh -
Salah satu penampilan Rebel Stand up di Warung kopi Hops, akhir pekan lalu. (Ist)
MANADO-Rebel Comedy Manado merupakan salah satu komunitas stand up comedy di Sulawesi Utara (Sulut). Berdiri sejak 2013, komunitas ini mengenalkan gaya komedi ala milenial.
Meski stand up comedy telah cukup lama ada, di Indonesia gaya komedi ini masih terbilang baru. Di Kota Manado, penggemar stand up comedy lebih banyak didominasi oleh anak muda milenial.
Hal tersebut diungkap salah satu anggota Rebel Comedy Manado, Mikhael Slat. Memurut pria yang akrab disapa Skhael ini penonton dan komika (sebutan bagi penampil atau pelawak stand up) lebih banyak anak muda.
“Memang komika dan audiens yang paling dominan anak muda, mungkin karena leluconnya lebih nyambung, dan memang gaya stand up comedy lebih populer di kalangan anak muda,” terangnya
Meski demikian Skhael mengungkapkan ada juga kelompok, organisasi, maupun instansi bukan dari kalangan anak muda yang mengundang komika untuk tampil.
Salah satu komika Rebel Comedy, Rigel Bolung juga mengisahkan suka dukanya menjadi Komika di kota Manado.
“Dari awal menjadi komika, jokes yang sering saya pakai lebih ke kisah kehidupan sehari-hari di lingkungan. Untuk materi bisanya saya juga lakukan riset di jalan, atau kehidupan teman, dari riset dikembangkan jadi jokes,” ungkapnya.
Ia juga mengisahkan beberapa pengalaman kurang mengenakan selama tampil. Selama menjadi komika ia pernah mengalami beberapa masalah seperti jatuh dari panggung, sampai tidak ada adanya penonton yang tertawa.
Meski demikian ia terus berusaha mengeksplor penampilannya sampai bisa jadi salah satu komika yang juga kerap diundang di berbagai acara.
Kepada Koran Sindo Manado, Rigel juga mengisahkan bersama komika lain, dirinya saling menertawakan beragam kesialan yang mereka alami sebagai komika.
“Ada yang saat tampil mikrofon mati, tidak ada penonton tertawa. Ada juga yang saat lagi menceritakan bagian lucunya lewat motor dengan knalpot berisik sampai penonton tidak dengar, ada juga hal lain di lingkungan pertemanan yang justru jadi materi stand up,” ia menambahkan.
Ia berharap stand up comedy tetap bisa menjadi penampilan yang semakin diminati oleh banyak orang. (Ilona piri)