Tiga Pelajar Sulut Sumbang Medali di World Mathematics Invitational 2019

oleh -
Tampak, tiga pelajar Sulut yabg menyabet medali di ajang internasional lewat WMI 2019 yang digelar di Jepang. (Ist)
MANADO-Tiga pelajar asal Sulawesi Utara (Sulut) memberikan kebanggaan bagi daerah karena meraih prestasi di World Mathematics Invitational (WMI) 2019 yang digelar di Jepang.
Adu kemampuan di ajang internasional itu menghantarkan juara kepada Imanuel Roeroe siswa SMP Lokon St Nikolaus Tomohon meraih medali perunggu, Hillarry Kandouw siswa SD Independent School (MIS) meraih medali perak dan Robert Liester siswa MIS menyabet medali perunggu.
Perjuangan ketiga generasi muda Sulut yang mewakili Indonesia ini patut diapresiasi, karena mampu bersaing dengan hampir 2000 siswa siswi dari 21 negara berprestasi dari grade 1 sampai grade 12.

Gubernur Olly Dondokambey memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh siswa Sulut yang berhasil meraih prestasi di kancah internasional tersebut.

Olly berharap, prestasi tersebut menjadi spirit bagi pelajar lainnya di Sulut untuk berlomba dan meraih prestasi baik di tingkat nasional maupun internasional seperti WMI.

Diketahui, World Mathematics Invitational (WMI) adalah kompetisi internasional pertama yang didirikan oleh Taiwan.

WMI mengumpulkan lembaga dan organisasi di seluruh dunia yang melakukan upaya dalam mempromosikan dan mempopulerkan matematika melalui berinteraksi dengan siswa yang menggemari matematika lainnya yang mewakili negara mereka.

Sehingga siswa dapat memperluas pandangan dunia mereka, mengalami budaya yang berbeda, dan dengan demikian pandangan serta masa depan mereka akan diperluas.

WMI didirikan bersama oleh Kun-Lung Tsai, Presiden Olympic Cultural and Education Group (OLPCS), Mr.Chi Hen jin, profesor dan Direktur Program Matematika di Indiana State University, dan beberapa profesor matematika.

Sejak dari tahun 2013 hingga 2019, kompetisi WMI diadakan di Seoul, Korea; Taipei, Taiwan; Guilin, Cina; Kuala Lumpur, Malaysia; Ho Chi Minh City, Vietnam; Incheon, Korea dan Fukuoka, Jepang. (rivco tololiu)