Kumpulkan 41 Poin, Pordasi Sulut Juara Dua Umum di Kejurnas Kuda 2019

oleh -
ara pengurus tim Pordasi Sulut foto bersama merayakan kemenangan usai meraih 41 poin dan menempati posisi juara dua umum di Kerjunas Kuda Seri 1 tahun 2019. (Ist)

MANADO-Tim Pordasi Sulawesi Utara (Sulut) berhasil meraih 41 poin di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kuda Seri 1 tahun 2019 yang digelar di Gelanggang Pacuan Kuda Tegal Waton Salatiga di Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Capain itu menempatkan Pordasi Sulut sebagai juara dua umum.

Babak final di Kejurnas yang bertajuk “Derby Indonesia 2019″ begitu ketat dan saling kejar poin dari tim-tim pordasi elit seperti Jateng, Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Sumatera Barat (Sumbar) dan Sulut.

Dari total 180 total poin yang diperebutkan di babak final kejurnas, tim Pordasi Sulut yang menurunkan lima belas kuda pacu pada enam kelas dari delapan kelas yang dipertandingkan sukses mengumpulkan 41 poin. Sedangkan untuk juara umum diraih tim Pordasi Jabar dengan 64,5 poin. Tim Pordasi Jateng sebagai tuan rumah hanya di posisi juara tiga umum dengan koleksi 38 poin.

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Pordasi Sulut Ferry Wowor mengatakan bahwa hasil Kerjunas 2019 sangat memuaskan bagi tim Pordasi Sulut.

Hasil Final Kejurnas, tim Pordasi Sulut sudah optimal bahkan all out. Dan pengurus dan anggota tim sangat puas atas raihan juara 2 umum, karena pada Kejurnas Pacuan Kuda 2018 lalu, tim Pordasi Sulut hanya menduduki juara 3 umum, di bawah Jateng dan Jabar” ungkap Wowor diiyakan Ketua Hariannya, James Waani, Minggu (28/7/2019).

Dia menjelaskan, memang sebelum berangkat tim Pordasi Sulut ke Salatigia pada medio awal Mei lalu, materi kuda pacu sangat baik dan berpeluang meraih juara umum, tapi ada beberapa faktor non teknis yang sangat mempengaruhi seperti di babak penyisihan yang lalu.

Pada waktu barrier draw babak penyisihan lalu ada beberapa kuda seperti Elektra dan Kamasilan yang menjadi unggulan tim Pordasi Sulut harus naik kelas. Ditambah lagi ada kuda pacu yang cedera serta joki jatuh pada babak penyisihan sehingga tidak lolos dibabak fibal . Padahal kuda pacu tersebut telah ditargetkan menyumbang point bagi tim pordasi sulut dibabak final pada hari ini” jelasnya.

Untuk di ketahui Kejurnas pacuan kuda seri 1 “Derby Indonesia 2019” dibuka oleh Ketua Umum PP Pordasi Eddy Sadrak, MBA dan di ikuti oleh Pengprov Pordasi se-Indonesia.

Sejumlah masyarakat penggemar olahraga berkuda Sulut sangat mengapresiasi Pordasi Sulut yang boleh menempati posisi juara dua umum di Kejurnas 2019. Mereka berharap, kedepan ada upaya untuk terus merawat dan melatih kuda-kuda di daerah ini yang mempunyai.

Tentunya ini prestasi yang luar biasa, karena prestasi waktu lalu yang masuk juara tiga umum boleh lebih ditingkatkan hingga dapat meraih juara umum dua. Kami berharap kedepan Pordasi Sulut bisa terus menargetkan juara umum di Kejurnas Pacuan Kuda 2020,” harap Doni Sumual, warga Minahasa. (rivco tololiu)