Andrew Makalew Bangga Jadi Bagian Paskibra Sulut di HUT RI ke-74

oleh -
Andrew Makalew, Anggota Paskibra Sulut 2019 utusan Kota Manado. (Ilona Piri)
MANADO-Peringatan HUT RI ke-73 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi salah satu hari yang tidak terlupakan bagi Andrew Makalew.
Siswa SMA Negeri 9 Binsus Manado tersebut, terpilih menjadi salah satu bagian dari pasukan pengibar bendera (Paskibra) di Lapangan Robert Wolter Mongisidi (KONI) Sario, Manado, Sabtu (17/8/2019).
Andrew yang merupakan utusan Kota Manado berhasil menunaikan tugas bersama rekan-rekannya, baik penaikan dan penurunan bendera.
Dia mengaku bangga dapat menjadi salah satu anggota Paskibra Sulut.
“Bangga sekali bisa mewakili Manado sebagai anggota Paskibra Sulut. Ini hal yang tak pernah saya lupakan,” ucapnya.
Andrew sendiri mengangumi Nasionalisme dan kepemimpinan salah satu pahlawan Nasional, Jendral Sudirman.
“Di HUT kemerdekaan kali ini kita mengenang perjuangan pahlawan kemerdekaan. Kalau saya mengagumi sosok kepemimpinan Jendral Sudirman,” ungkapnya.
Bagi Andrew jiwa nasionalisme dan kepemimpinan penting untuk ditanamkan pada anak muda jaman sekarang.
Pelajar yang hobi basket, membaca dan bermain musik ini, mengungkap jiwa nasionalisme lah yang dapat menyatukan bangsa yang memiliki beragam suku dan budaya.
“Hal yang menarik saat jadi paskibra Sulut tahun ini saya diperkenalkan dengan teman-teman yang berbeda-beda. Tapi karena punya semangat nasionalisme kami bisa bekerja sama membuat formasi barisan yang kompak,” tambahnya.
Menurut dia, seleksi untuk bergabung tim paskibra cukup susah, banyak hal yang harus dilewatinya. Siswa yang bercita-cita menjadi dokter ini mengaku ketertarikannya bergabung paskibra Sulut bermula dari melihat senior di sekolahnya baris-berbaris.
“Dua minggu latihan harus dilalui bersama tim paskibraka, TNI, Polri dan Purna paskibraka. Keberhasilan pengibaran pada HUT kemerdekaan kali ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak.
Dirinya juga bersyukur didukung oleh keluarga, ayah dan ibunya. Dukungan lain yang tak kalah berarti juga datang dari sekolah, guru-guru, teman-teman sekolah. Ungkapan terimakasihnya juga diberikan untuk dukungan pelatih dan tim paskibra tahun ini.
Pria pengagum Presiden Jokowi ini mengungkapkan harapannya untuk Indonesia di HUT ke-74.
“Semoga Indonesia semakin maju dalam segala hal, perekonomian semakin lancar, lapangan kerja juga semakin banyak. Semoga bangsa Indonesia selalu punya jiwa nasionalisme, dan Indonesia makin jaya,” tutupnya. (ilona piri)