Layanan Indihome di Manado Dikeluhkan

oleh -
Layanan IndiHome dikeluhkan. Foto/Istimewa

MANADO—Pelayanan Indihome dikeluhkan pelanggan di Manado. Salah satu konsumen merasa dirugikan, di mana ditagihkan sudah melebihi paket yang diambil.

Menurut konsumen dengan nomor pelanggan 0431-8890*** yang enggan namanya dikorankan, sebelumnya dia memiliki dua Set Top Box atau STB. Karena jarang digunakan, sekira tahun lalu pelanggan memulangkan satu STB ke kantor Indihome Manado.

Namun sayangnya STB yang kembalikan tersebut tidak langsung diputuskan dalam sistem. Sehingga harus ditanggung oleh pelanggan.

Pada bulan Juli 2019, ketika pelanggan melakukan komplain, disepakati akan dilakukan pemotongan hingga tiga bulan ke depan, yaitu pada bulan Juli, Agustus dan September.

Tapi kesepakatan tidak dijalankan karena bulan Agustus ini tagihan tetap sama dan tidak dilakukan pemotongan.

Pelanggan berupaya melakukan konfirmasi terhadap hal tersebut, dengan mendatangi kantor Indihome.

(Nanti setelah pelanggan mendatangi customer service dan melakukan komplain baru direspons itupun setelah saling melempar tanggung jawab oleh cs dan supervisor yang bertugas saat itu. )

Pelanggan menilai, sejak Juli 2019 sudah melakukan komplain dan membuahkan kesepakatan.

Namun kesepakatan itu tidak dijalankan pihak Indihome hingga saat ini. “Karena tidak komitmen jadi, saya minta Indihome harus memotong tagihan sesuai waktu saya kembalikan STB,” ujarnya.

“Supaya jelas indihome bisa melihat history kapan terakhir saya pakai dua STB,” sambungnya
Terkait hal ini, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulawesi Utara Aldy Lumingkemas menyayangkan kejadian itu. Menurut dia, seharusnya Indihome Manado bekerja sesuai mekanisme serta harus jujur pada pelanggan. “Kalau seperti ini konsumen sudah dirugikan. Saya kira Indihome harus transparan soal ini dan menjelaskan apa adanya pada konsumen,” jelasnya, Kamis, 22/8/2019.

Kepada konsumen kata Aldy, agar proaktif melaporkan kepada lembaga terkait. Karena dalam hal itu sudah dirugikan. “Kalau seperti ini harus lapor, ke YLKI bisa atau ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan, supaya di proses lewat hukum yang berlaku,” paparnya.

Sementara itu Menager Consumer Service Indihome Manado Veronica mengatakan, pihaknya sudah menindaklanjuti laporan tersebut. Di mana pelanggan tidak akan lagi membayar kelebihan tagihan. “STB yang satu kami hapuskan dalam sistem, sehingga Oktober nanti pelanggan akan membayar pada tarif normal,” jelasnya.

Menurut dia, untuk kejadian seperti itu, pihaknya memiliki wadah tersendiri untuk memberikan solusi dan menyelesaikan apa yang dikeluhkan pelanggan. “Kalau keluhan tadi ada wadahnya, pelanggan harus kita perhatikan,” tuturnya. (stenly sajow)