Pulau Lembeh Jadi Destinasi Pariwisata Kelas Dunia

oleh -
Kunjungan Presiden Joko Widodo di Kota Bitung beberapa waktu lalu. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Pemerintah Pusat ternyata menaruh perhatian serius atas pengembangan pariwisata Pulau Lembeh. Tak tanggung-tanggung, rencana pengembangannya sampai menyasar kelas dunia.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Bitung, Max J Lomban, Sabtu (24/8/2019). Pasalnya, kata dia, destinasi wisata baru kelas dunia ini terlihat dari keseriusan Pemerintah Pusat dan daerah dalam mempersiapkan seluruh faktor pendukung termasuk infrastruktur di dalamnya.

“Pemerintah dan masyarakat Kota Bitung sangat bersyukur dan berterimakasih kepada bapak Presiden Joko Widodo dan Bapak Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, atas perhatiannya kepada Kota Bitung, sehingga Pulau Lembeh menjadi sasaran pengembangan Pariwisata,”ujarnya.

Lanjut dia, terkait dengan pengembangan Pulau Lembeh, sudah disampaikan langsung Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung beberapa waktu yang lalu. “Dengan segala potensi yang ada, Pulau Lembeh dan Selat Lembeh, Bapak Presiden meyakinkan bahwa pulau lembeh bakal menjadi satu destinasi pariwisata baru di Provinsi Sulawesi Utara,”ujar Lomban.

Selain itu, saat ini Pemerintah Pusat dan Provinsi terus menunjukkan keseriusannya dalam melakukan pembahasan untuk mempersiapkan pembangunan infrastruktur penunjang konektivitas yakni 0embangunan iembatan Bitung-Lembeh, Bandara Internasional di Pulau Lembeh termasuk ketersediaan akses tranportasi.

“Pembangunan Jembatan Bitung-Lembeh direncanakan sepanjang 1.000 meter dengan anggaran sekira Rp3 triliun, sedangkan untuk bandara internasional Pulau Lembeh dengan panjang runway 4.000 meter memiliki nilai investasi Rp5 triliun. Pengembangan Pulau Lembeh ini, untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus Bitung,”tutur Ketua DPW Partai NasDem sulut ini. (Yappi Letto)