Jamaah Haji Asal Sulut Tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado

oleh -
Rombongan Jamaah Haji dari Sulut tiba di bandara Sam Ratulangi Manado, Setelah hampir sebulan lamanya menunaikan ibadah haji di Tanah Suci. Istimewa

MANADO—Setelah hampir sebulan lamanya menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, para Jamaah Haji yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Sulawesi Utara telah kembali ke tanah air melalui Bandara Sam Ratulangi Manado.

Kepulangan para Jamaah Haji tersebut dibagi dalam dua  kelompok terbang (kloter) yaitu kloter 12 yang mendarat pada hari sabtu (14/9) dan kloter 13 yang akan mendarat pada hari Senin (16/9).

Tercatat sebanyak 450 Jamaah Haji kloter 12 diberangkatkan dari Balikpapan ke Manado menggunakan pesawat milik maskapai Lion Air dengan pembagian flight yaitu 215 jamaah haji mendarat pukul 5.35 WITA dengan JT 3942, 215 jamaah haji mendarat pukul 6.35 WITA menggunakan JT 3661serta 20 jamaah haji lainnya akan tiba dengan menggunakan penerbangan reguler Lion JT 942 pada pukul 15.15 WITA.

Kedatangan para Jamaah haji kloter 12 yang berasal dari Bolaang Mongondow, kota Kotamobagu, Minahasa, Minahasa Selatan dan Bitung ini disambut oleh Praseno Hadi selaku Kepala Inspektorat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mewakili Gubernur Sulawesi Utara serta Manajemen Bandara Sam Ratulangi Manado.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E.T Gandeguai menyampaikan,  melalui koordinasi serta sinergi yang erat dengan berbagai instansi terkait, penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 2019 ini khususnya saat keberangkatan dan kepulangan di Bandara dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

“Sebagai pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pengguna jasa khususnya para Jamaah Haji yang baru saja kembali dari Arab Saudi. Tentunya kami selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VIII,Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) serta utamanya Kementerian Agama sebagai penyelenggara kegiatan Ibadah Haji 2019 ini,” ujar Minggus.

Sejak dini hari sebelum pesawat yang membawa para Jamaah Haji mendarat,para personil dari pengamanan bandara, Otoritas Bandara hingga KKP telah siap menyambut kedatangan para Jamaah Haji utamanya mengantisipasi jika ada Jamaah Haji yang kurang sehat selama di penerbangan.

“Selamat datang kepada para Jamaah Haji Provinsi Sulawesi Utara yang telah kembali dari Tanah Suci, selamat berkumpul kembali dengan keluarga dan menjadi haji/hajah yang mabrur. Tak lupa kami sampaikan apresiasi atas koordinasi serta partisipasi dari seluruh instansi terkait sehingga sejak keberangkatan hingga kepulangan para Jamaah Haji ini dapat berjalan dengan lancar,” pungkas Minggus.

Sementara untuk kloter ke 13 dijadwalkan akan tiba pada hari senin (16/9) pada pukul 5.35 WITA sebanyak 215 jamaah dan pukul 6.35 WITA sebanyak 215 jamaah, menyusul pada pukul 15.15 WITA sebanyak tujuh jamaah. (stenly sajow)