Rita Tamuntuan Pantau Langsung Lomba Masak Serba Ikan Antar TP PKK Kabupaten/Kota

oleh -
Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan didampingi Kepala DKP Sulut Tienneke Adam saat memantau langsung perlombaan menu masak yang diikuti TP PKK dari kabupaten/kota. (ist)

MANADO – Ketua TP PKK Rita Tamuntuan selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Sulut menghadiri kegiatan Lomba Masak Serba Ikan tingkat Provinsi Sulut di Restoran Big Fish, Bahu, Manado, Kamis (19/9/2019).

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulut ini, turut dihadiri ratusan siswa SD dan SMP yang mengikuti kegiatan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMAR).

Rita Tamuntuan yang didampingi Ketua Dharma Wanita (DWP) Sulut, Ivone Lombok memantau langsung berbagai menu masakan yang dipersiapkan para peserta. Perlombaan ini dinilai chef professional Maikel Manosso.

Rita mengatakan, lewat kegiatan ini dapat menjadi motivasi untuk mendorong seluruh TP PKK kabupaten/kota untuk memanfaatkan potensi perikanan yang ada. Menurutnya, ini sangat penting untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan bagi masyarakat.

“Kiranya kita dapat mendukung bersama program ini, supaya dapat melahirkan generasi yang cerdas, sehat dan kuat,” ucap Rita.

Lanjut istri Gubernur Sulut ini, perlombaan masak menu ikan yang digelar saat ini merupakan upaya yang baik untuk melahirkan inovasi-inovasi baru dalam mengolah masakan ikan menjadi menarik dan nikmat.

Dia menyebut, para pelajar SD dan SMP yang hadir merupakan investasi pembangunan di masa depan yang harus dibina dengan baik.

“Mereka nanti yang akan melanjutkan pembangunan. Karena ditangan merekalah masa depan bangsa ini dipertaruhkan. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita mengatur mereka agar sehat dan kuat,” tukasnya.

Dia juga mengajak para pelajar untuk mensosialisasikan gerakan gemar makan ikan baik dilingkungan tempat tinggal hingga di sekolahnya.

Kalian akan menjadi duta-duta gemar makan ikan di lingkungan masing-masing. Kalian telah turut serta berperan aktif dalam mendukung terciptanya pola hidup sehat, guna menjadikan Sulut semakin hebat.

Sementara itu, Kepala DKP Sulut Tienneke Adam menuturkan, sejumlah TP PKK di kabupaten/kota sangat antusias mengikuti perlombaan masak menu ikan tersebut.

“Mungkin cuma tiga daerah yang tidak mengutus TP PKK. Tapi perlombaan tadi sangat menarik,” jelasnya.

Tienneke mengatakan, berdasarkan hasil penilaian tim juri, perlombaan menu masak ikan jawara satunya dari TP PKK Tomohon, jawara dua TP PKK Minsel, dan peringkat tiganya dari TP PKK Manado.

“Lewat perlombaan ini tentu akan membangkitkan motivasi bagi TP PKK untuk lebih aktif menyediakan hidangan menu ikan, khususnya di dalam keluarga masing-masing,” ungkapnya.

Dia menambahkan dengan terbiasa mengkonsumsi ikan terlebih bagi anak-anak akan memberikan satu dampak positif, karena nutrisi dari ikan tersebut baik bagi kesehatan dan perkembangan otak anak.

“Semoga saja kegiatan ini akan semakin mendorong peningkatan program makan ikan bagi masyarakat di Bumi Nyiur Melambai,” tandasnya. (rivco tololiu)