27 September Garuda Layani Penerbangan Manado-Davao, Filipina

oleh -
General Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai. KORAN SINDO MANADO

MANADO—General Manager Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus Gandeguai menerangkan, pada 27 September 2019 Garuda Indonesia akan melayani rute Manado-Davao, Filipina.

“Akhir bulan ini pada 27 September kami akan melakukan inagurasi flight untuk penerbangan Manado-Davao dengan Garuda,” ujar Minggus, Selasa, 24/9/2019.

Minggus mengatakan, penerbangan internasional tersebut akan dilakukan dua kali dalam seminggu. “Rute ini akan dilayani pada Senin dan Jumat,” paparnya.

Adapun rute baru ini akan menggunakan pesawat ATR 72 dengan kapasitas penumpang sekira 60 hingga 70 orang.

Ketua Komunitas Pemerhati Pariwisata Sulawesi Utara (Sulut), Raymond Frans mengatakan, pembukaan rute baru tersebut akan menjadi angin segar bagi bisnis pariwisata di Sulut. Di mana jumlah wisatawan mancanegara akan bertambah, selain dari China dan Singapura. “Ini tentu jadi kabar baik, turis yang datang akan semakin banyak,” jelasnya.

Tak hanya itu, pembukaan rute baru ini dinilainya akan semakin mewujudkan Sulut menjadi pintu gerbang Indonesia untuk negara-negara di Asia Pasifik.

Karena itu, dia mengajak pelaku pariwisata untuk terus meningkatkan pelayanan. Pasalnya, hingga akhir tahun ada ratusan wisman baru yang akan datang di Manado setiap minggunya. “Yang pasti sumber daya manusia, harus lebih terampil lagi. Karena selain China, kita akan beradaptasi dengan wisman dari Filipina,” paparnya. (stenly sajow)