Pemkot Manado Lindungi Anggota Korpri Lewat BPJAMSOSTEK

oleh -
Pemerintah Kota  Manado telah memberikan jaminan kepada semua anggota Korpri terkait resiko kecelakaan kerja dan resiko kematian. Istimewa

MANADO—Ribuan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kota Manado mendapat perlindungan dari Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

Kepala BPJAMSOSTEK Manado Hendrayanto mengatakan, Pemerintah Kota Manado telah memberi perlindungan bagi anggota Korpri di Manado melalui program BPJAMSOSTEK.

“Pemerintah Kota  Manado telah memberikan jaminan kepada semua anggota Korpri terkait resiko kecelakaan kerja dan resiko kematian,” kata Kepala BPJAMSOSTEK Manado Hendrayanto saat acara penyerahan kartu peserta secara simbolis dalam upacara Korpri, Senin, 12/2/2019.

Hendrayanto mengatakan, perlindungan jaminan sosial akan memberikan manfaat penting bagi anggota Korpri. Artinya pada abdi negara tersebut bisa bekerja dengan nyaman.  Dia mengatakan dengan kerja sama ini, anggota Korpri akan mendapat manfaat lebih besar saat mengalami kecelakaan kerja dan kematian.

Dirinya juga mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi risiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan mekanisme asuransi sosial.

Anggota Korpri juga, katanya, tidak lepas dari resiko kerja makanya pihaknya mengapresiasi Pemkot Manado untuk mengikutkan anggota Korpri sebagai peserta.

Berbicara masalah perlindungan sosial, kata dia, hal itu sangat penting karena kalau terjadi risiko, pekerja akan terlindungi sehingga tidak akan mengganggu keuangan keluarga. “Roda ekonomi keluarga akan terhenti jika pekerja tidak terlindungi,” ujarnya.

Kata dia, jika terjadi risiko kecelakaan, BPJS TK akan melakukan perawatan pengobatan hingga sembuh. Jika meninggal akan memberikan santunan pada ahli waris sebesar Rp24 juta. “Ini gambaran betapa pentingnya ikut jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya. (stenly sajow)