Hebat! Kodim 1303/Bolmong Juara III Lomba Binter di Jajaran TNI AD

oleh -
Tampak, Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono disambut dan diarak keliling Kota Kotamobagu. (Istimewa)
BOLMONG – Perwakilan Korem 131/Santiago di bawah komando Brigjen TNI Joseph Robert Giri, yaitu Kodim 1303/Bolmong meraih juara III dalam lomba Pembinaan Teritorial (Binter) tingkat Nasional seluruh jajaran TNI Angkatan Darat (AD).
Prestasi ini cukup membanggakan karena Kodim 1303/Bolmong berhasil menyisihkan seluruh  Kodim tipe B se-Indonesia.
Komandan Kodim 1303/Bolmong Letkol Inf Sigit Dwi Cahyono, didampingi Ketua Persit KCK Cabang XV Dim 1303/Bolmong, Asriany Tahir Sigit Dwi Cahyono saat tiba di Kotamobagu, membawa pulang Trophy atau Piala Juara III dan Piagam Penghargaan disambut dengan meriah dari ujung Kota  Kotamobagu Mongkonai dan diarak keliling kota, Selasa (3/12/2019).
Dihadapan seluruh prajurit Kodim 1303/Bolmong dan unsur Forkopimda Kota Kotamobagu, Letkol Sigit menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kerja keras dan dukungan oleh semua pihak yang diberikan kepada Kodim 1303/Bolmong, sehingga
Lomba Binter Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Markas Besar Angkatan Darat beberapa waktu lalu, dapat diikuti dengan baik dan Kodim yang mewakili Korem 131/Santiago bisa meraih juara III.
“Kodim 1303/Bolmong dipilih mewakili Korem 131/Santiago untuk kategori Tipe B. Setelah bertarung dengan ratusan Kodim diseluruh Indonesia, akhirnya berhasil meraih Juara III,” ujar Sigit Dwi.
Dia menuturkan untuj Juara 1 diraih Kodim 0904/Tanah Grogot, Korem 091/ASN,  Kodam VI/Mulawarman, Provinsi Kalimantan Timur. Sedangkan Juara 2 Kodim 0116/Nagan Raya, Korem 012/TU, Kodam Iskandar Muda, Provinsi Aceh.
Lanjut Sigit, Lomba Binter merupakan ajang penilaian terhadap Kodim di berbagai daerah, dengan tipe dan klasifikasinya.
“Untuk kodim tipe A, adalah kodim yang berada di ibu kota atau kota besar, tipe B yang berada di kabupaten/kota. sedangkan tipe C yaitu kodim di daerah perbatasan dan kodim tipe D adalah kodim di wilayah rawan konflik,” jelasnya.
Untuk kriteria yang diperlombakan meliputi berbagai aspek tentang sinergitas kodim, pemerintah daerah dan Forkopimda serta stakeholder terkait, yang meliputi pembinaan pertahanan wilayah,  pembinaan teritorial dan Komunikasi Sosial.
Dia mengatakan, prestasi yang membanggakan dan membawa nama harum Korem 131/Santiago Kodam XIII/Mdk ini. diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Kodim 1303/Bolmong untuk terus membantu serta mendukung kemajuan Kabupaten Bolaang Mongondouw.
“Prestasi yang sekarang diraih adalah kerja keras dari seluruh masyarakat Bolmong Raya bersama Kodim. Prestasi ini juga merupakan kemenangan seluruh masyarakat dan pemerintah daerah Bolmong Raya serta prajurit Kodim 1303/Bolmong, dibawah satuan Korem 131/Santiago dibawah pimpinan Danrem Brigjen TNI Joseph Robert Giri,” ujarnya.
Atas nama Pemerintah Kota Kotamobagu, Sekretaris Kota Kotamobagu, ISande Dodo menyampaikan rasa bangga dan mengucapkan terima kasih, serta apresiasi setinggi-tingginya kepada Dandim beserta jajaran Kodim 1303/Bolmong atas prestasi yang diraih.
“Ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat termasuk mensukseskan program pemerintah di daerah ini,” tukasnya.
“Dari pemerintah menilai ini merupakan bukti nyata sinergitas antara TNI khususnya Kodim 1303/Bolmong dengan pemerintah daerah serta masyarakat Kota Kotamobagu sudah berjalan dengan baik,” sambungnya.
Tampak hadir, Wakil Walikota Kota Mobagu, Yodo Kurniawan, Ketua Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu, Warsito SH,  Waka Polres Kota Kotamobagu, Kompol Efendy Tubagus, Kasi Pinsus Kejaksaan Negeri Kota Kotamobagu,  Imron Mashady. (rivco tololiu)