FinTech Berkembang Pesat, Pentingnya Literasi Keuangan

oleh -
Foto bersama usai seminar. (FOTO: Schwars Tompodung)

MANADO– Financial Technologi (FinTech) berkembang cukup pesat di Indonesia, termasuk Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

Melihat pesatnya pemkembangan,  RecTra Consulting bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado mengadakan seminar di Ruang Serbaguna Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Unsrat, Jumat (17/1/2020).

Seminar yang dihadiri para mahasiswa tersebut diberi tema “Fin-Tech: Tantangan dan Peluang bagi Industri Keuangan dan Pelaku UMKM di Kawasan Indonesia Timur”.

Hadir dalam seminar tersebut, Peter Febian dari Ladang Modal, Paulina Pietersz dari Goena dan Eric Fernando dari Do It serta mahasiswa dari berbagai fakultas di Unsrat.

Peter Febian mengungkapkan, generasi muda harus punya bisnis sendiri dan punya tujuan ketika sudah lulus di bangku perkuliahan.
“Ladang Modal hadir memberikan peluang bagi kita untuk mendirikan usaha dengan meminjamkan modal Rp6 juta,” ujar Peter.

Perwakilan dari Goena Paulina Pieterzs mengatakan, platformnya juga Ladang Modal dan Do It sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

“Tapi kita juga harus berhati-hati karena  tidak semua FinTech di bawah naungan OJK,” terang Paulina.

Senada dengan itu, Eric Fernando menyampaikan bahwa keunggulan FinTech bisa memberikan pendanaan kepada orang yang gagal berurusan dengan bank.

“Kami sudah satu setengah tahun beroperasi dan meminjamkan kurang lebih Rp750 miliar ke 300 lebih pengguna di seluruh Indonesia” Imbuh Eric.

Dia menambahkan, mereka juga memberikan pinjaman bagi para mahasiswa yang membuat event dan mempunyai program untuk mahasiswa yaitu “Student Ambassador”.

Kegiatan ini dilakukan sebagai rangkaian Road Show Edukasi dan Sosialisai FinTech bagi masyarakat Indonesia, khususnya para mahasiswa dan pelaku UMKM, sebagai kalangan pengguna produk FinTech terbanyak di industri keuangan.

Seminar serupa ini sudah sukses dilaksanakan di Universitas Negeri Solo, Sabtu (11/12/2020). Sementara, untuk Road Show Sulawesi ini meliputi tiga kota sekaligus, antara lain Makassar (13/1/2020) dan Gorontalo (15/1/2020). (Schwars Tompodung)