Salurkan Bantuan di Tiga Desa, Gubernur Instruksikan Dinas PUPRD Perbaiki Infrastruktur yang Rusak

oleh -
Gubernur Olly Dondikambey dan Wagub Steven Kandouw didampingi Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan dan Wakil Ketua dr Kartika Devi Tanos saat menyerahkan bantuan kepada masyarakat Sangihe. (Ist)
MANADO – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban banjir bandang di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat (31/1/2020).
Pada kunjungan itu, OD-SK turut didampingi Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Wakil Ketua TP PKK Sulut dr Kartika Devi Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, Bupati Sangihe Jabes Gaghana dan Wakil Bupati Helmut Hontong.
Tiga desa yang dikunjungi yakni Desa Lebo dan Balelan Kecamatan Manganitu, dan Desa Ulung Peliang Kecamatan Tamako.
Kesempatan itu, Gubernur Olly menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Daerah (PUPRD) Provinsi Sulut untuk memperbaiki infrastruktur publik yang rusak karena bencana.
“Pemprov Sulut secepatnya akan melakukan perbaikan, khususnya bagi infrastruktur publik yang rusak,” terangnya.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, Joi Oroh mengatakan, bantuan yang disalurkan dalam bentuk tunai untuk para keluarga yang menjadi korban, serta tempat ibadah yang rusak karena bencana.
“Untuk korban jiwa diserahkan bantuan, begitu juga bagi keluarga yang rumahnya rusak terdampak bencana. Ada sebanyak 70-an rumah, masing-masing mendapatkan Rp5 juta,” jelas Oroh.
Lanjut dia, bantuan juga diberikan untuk dua rumah ibadah gereja dari Rp120 juta-an dan Rp50 juta-an.
“Ada juga bantuan-bantuan lain, seperti beras, sembaki dan bahan-bahan kebutuhan lain dari SKPD Pemprov Sulut dan TP PKK Sulut yang diserahkan kepada para korban,” ungkapnya. (rivco tololiu)