Tidak Lewat Natuna, 35 WNI dari China Langsung Mendarat ke Bandara Sam Ratulangi Manado

oleh -
WNI yang tiba di Bandara Sam Ratulangi, Jumat 31 Januari 2020. (FOTO: ist)

MANADO- Sebanyak 35 Warga Negara Indonesia (WNI) yang diketahui sebagai Mahasiswa penerima beasiswa PT. Meares Soputan Mining (MSM)  di Jiangsu Agri Husbandry Vocational Colleges, kota Taizhou, Provinsi Jiangshu, China, langsung mendarat ke Bandara Sam Ratulangi Manado, pada  Jumat (31/1/2020) pagi. Toh, 35 WNI tidak melewati jalur Natuna.

“Ke 35 mahasiswa ini, sudah melalui Proses Inkubasi selama 14 Hari di Kampus mereka, sebelum dipulangkan,” ujar Communication & PR PT MSM Hery Rumondor, saat dikonfirmasi, Selasa (4/2/2020).

Lanjut dia, satu orang dari 35 mahasiswa ini, sempat tidak ada di asrama kampus, sehingga tidak diperbolehkan pulang, karena harus menjalani Proses Inkubasi lagi.

“Sebelum kembali ke Manado, penerima beasiswa MSM ini melalui proses clearence hingga lima kali yang difasilitasi Konjen RI di Sanghai. Oleh otoritas Kesehatan dan Bandara di Sanghai, menyatakan mereka sehat dan diperbolehkan meninggalkan China, kembali ke Indonesia,” beber dia.

Dia menjelaskan, saat tiba di Bandara Sam Ratulangi dilakukan proses pemeriksaan oleh otoritas bandara. Sejak tiba pada Jumat 31 Januari 2020 hingga Hari ini (4/2/2020) kesehatan mereka terus dipantau oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sulut. Dalam pemeriksaan dan pemantauan kesehatan mereka dinyatakan Sehat,” pungkas dia. (valentino warouw)