Hujan Lebat Masih Berpotensi Terjadi, Warga Diminta Tetap Waspada Banjir dan Pohon Tumbang

oleh -
Tampak, sejumlah wilayah tergenang di Manado karena guyuran hujan lebat, waktu lalu. (ist)

MANADO – Warga Manado diminta tetap waspada dengan dampak cuaca hujan beberapa hari kedepan. Selain banjir, bahaya pohon tumbang berisiko terjadi sehingga membahayakan masyarakat khususnya pengguna jalan.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi, Carisz Kainama, menerangkan curah hujan di Manado dan sekitarnya masih akan turun beberapa hari kedepan. Bahkan cuaca ekstrem hampir merata di wilayah Sulut. “Intensitasnya sedang hingga lembat pada siang maupun malam hari,” kata Kainama, Selasa (4/2/2020).

Ia menjelaskan, musim hujan di Sulut biasanya dimulai pada November. Pada tahun ini, kondisi sedikit berbeda di awal Februari karena curah hujan akan lebih lebat. Bahkan kecenderungan disertai dengan badai. Ia pun meminta masyarakat jeli melihat perubahan cuaca di sekitar tempat tinggalnya. Kata dia, jika ada potensi terbentuknya awan cumulonimbus risiko hujan diserta angin akan lebih besar.

“Warga yang akan berpergian untuk lebih berhati-hati, khususnya saat melewati titik rawan longsor. Selain itu, potensi banjir sangat mungkin terjadi jika curah hujan lebat dengan waktu lama,” imbaunya.

Ia menambahkan, selain Manado hujan juga merata di Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Bitung dan sebagian besar wilayah Minahasa dan Bolaang Mongondow hingga Nusa Utara. (alfrits semen)