IAD Gelar Sosialisai Pencegahan Virus Covid-19

oleh -
Tampak kegiatan pertemuan IAD, yang dirangkaikan sosialisasi soal Covid-19. (Ist)

MANADO – Ketua IAD (Ikatan Adhyaksa Dharmakarini) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut) Nurhayati Andi Muh Iqbal membuka Kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Virus Corona yang di kenal dengan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau Novel Coronavirus 2019 (2019-nCov).

Dalam sambutan pembukaannya, Ketua IAD wilayah sulut Nurhayati Andi Muh Iqbal Arief menghimbau agar para peserta untuk waspada dan sigap dalam melakukan usaha pencegahan virus Covid-19 (Corona).

“saya berharap agar sosialisasi ini dapat memberikan manfaat, supaya kita mampu menangkal virus-virus jahat yang ada sekarang, khususnya virus berbahaya yang lagi trending yaitu Covid-19 atau Corona,” ucap Nurhayati Jumat (13/3/2020).

Dalam Sosialisasi yang disampaikan Elis Ratnawati, Psikolog Rumah Sakit Ratumbuysang Manado menekankan agar pentingnya melakukan pencegahan, selalu mengutamakan pola hidup sehat dan tidak takut serta tetap tenang untuk tetap menjalani kehidupan seperti biasa.

“Tentunya kita menjaga kesehatan, sebisa mungkin menghindari tempat keramaian, karena ditempat keramaian tersebut kita tidak tahu apakah mereka sudah terkena virus jahat atau tidak,” ujarnya.

Cara paling sederhana, menurutnya, yaitu dengan mencuci tangan dengan benar untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. “Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, atau handuk bersih,” sambungnya. (schwars tompodung)