Seorang Komisioner KPU Meninggal Dunia Masuk Kriteria PDP Korona, Hasil Rapid Tes Negatif

oleh -

MANADO- Seorang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) di salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang meninggal dunia Sabtu, (28/3/2020) masuk kriteria Pasien Dalam Pengawasan (PDP) korona.

“Benar masuk PDP, hasil rapid tes negatif. Tapi untuk hasil swab belum ada. Untuk pemakaman sesuai standar karena sudah masuk PDP,” ujar Juru bicara (jubir) Covid-19 Provinsi Sulut, dr Steaven Dandel ), saat di konfirmasi, SINDOMANADO.COM, Minggu (29/3/2020).

Terpisah, Pemerintah Kabupaten Mitra angkat bicara melalui Satgas Penanganan Covid-19 Mitra, Glory Wuwungan.

Lewat rilis resmi kepada wartawan, Wuwungan menjelaskan yang bersangkutan sebelumnya menyampaikan keluhan demam. Dimana ada bisul yang sudah pernah sembuh, tapi muncul lagi dan membuat bersangkutan mengakami penurunan kesadaran.

“Pasien tersebut juga memiliki riwayat penyakit Diabetes Melitus atau penyakit Gula Positif dan didiagnosa Sepsis. Sempat di rawat diruang Isolasi RSUP Prof Kandou Manado, dengan pemeriksaan Rapid Test pertama menunjukan hasil negatif Covid-19,” terang Wuwungan Minggu (29/03/2020)

Lebih jauh kata dia, dalam prosedural penanganan, jika hasil rapid test pertama negatif, maka harus dilakukan Rapid test ulang sepuluh hari kemudian, atau pemeriksaan swab tenggorok.

“Selain itu, pasien juga sudah sempat dilakukan pengambilan spesimen Swab Tenggorok, namun hasilnya belum ada. Namun, pada hari sabtu malam, sekitar pukul 23.30, kami mendapatkan kabar bahwa yang bersangkutan telah meninggal dunia,” timpalnya lagi.

Dia menjelaskan, tatalaksana penanganan jenazah telah dilakukan oleh pihak Rumah Sakit. Sehingga pemakamannya telah dilakukan oleh keluarga dengan berdasarkan pedoman yang ada.

“Masyarakat yang ada dihimbau untuk tidak panik, karena tatalaksan penanganan jenazah sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur. Hal ini sebagai langkah antisipasi saja mengingat ditengah kondisi seperti saat ini sambil berharap hasil Rapid Test yang kedua negatif,” harap dia.

“Kami juga akan melakukan tracking atau pelacakan terkait orang-orang yang pernah melakukan kontak erat dengan PDP03 tersebut, sambil menunggu hasil pemeriksaan Swab Tenggorok PDP03,” pungkas dia. (marvel pandaleke/valentino warouw)