PMI Bitung Bantu Pemeritah Cegah Penyebaran Covid-19

oleh
Ketua PMI Kota Bitung, Khouni Lomban-Rawung membagikan APD sederhana bagi petugas Dinas Perhubungan. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Memerangi penyebaran virus korona (Covid-19) di Kota Bitung, berbagai inovasi terus dilakukan pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bitung, diantaranya melakukan produksi Strong Acid pH 2,5 dan menyiapkan Chamber desinfektan atau bilik PMI. “Kami pengurus PMI Kota Bitung secara total memberi diri membantu Pemerintah Kota Bitung, dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini sedang merajalela di seluruh penjuru dunia,”ujar Rawung, Senin (6/4/2020).

Lanjut dia, dengan adanya pandemi Covid-19 ini, membuat semua pihak melakukan berbagai inovasi untuk melawan dan mengatasinya. Memang awalnya hampir semua dihebohkan, dengan penemuan chamber disinfektan yang dimaksudkan, untuk hal yang baik. “Chamber sesuai SOP, sejak awal dioperasikan di Terminal Tangkoko, selanjutnya di Posko Perbatasan KEK Kota Bitung,”tutur Ketua IWAPI Kota Bitung ini.

Lanjut dia, PMI Kota Bitung juga penyemperotan di berbagai wilayah Kota Bitung, demi pengabdian dan rasa kemanusiaan. “Untuk Chamber, kami telah mengikuti standar WHO dan juga PMI Pusat, tidak memakai Disinfektan, apalagi racikan yang dibuat bukan untuk manusia, terkecuali yang disemprotkan oleh Relawan PMI ke benda seperti kendaraan, barang-barang, rumah ibadah, kantor dan lain-lain. Kami memakai yang ramah lingkungan, aman dan langsung di produksi dari mesin teknologi Jepang, KanGen, yaitu Strong Acid, pH 2,5 untuk pengganti disinfektan dan bukannya menggunakan bahan karsinogen,”ungkap Bunda PAUD Kota Bitung ini. (Yappi Letto)