WAG Justitia Societas Bantu Tenaga Medis, Harapkan WAG Lain Termotivasi Lakukan Hal yang Sama

oleh
Tampak, WAG Justitia Societas saat menyalurkan bantuan untuk tenaga medis di RSUP Kandou Manado. (istimewa)

MANADO – Aksi solidaritas dan bantuan ke tenaga medis akhir-akhir ini mulai banyak bermunculan dari masyarakat, salah satunya Whatsapp Group (WAG) Justitia Societas yang melakukan aksi nyata sumbangan ke tenaga medis di RSUP Kandou Manado.

Aksi ini awalnya merupakan inisiatif dari WAG Justitia Societas ketika melihat banyaknya postingan yang beredar di media sosial dan menampilkan adanya tenaga medis yang kekurangan Alat Pelindung Diri (APD) untuk menangani pasien Covid-19.

Menurut salah satu admin yang ikut menyerahkan sumbangan, Stefan Voges mengatakan, bahwa WAG Justitia Societas memberikan bantuan berupa 36 APD berupa Pakaian Hazmat, 50 buah Face Shield, serta 100 Masker bedah.

“Bantuan yang diberikan diterima langsung oleh direktur utama langsung beserta jajaran direksi RSUP Prof Kandou,” ungkapnay kepada SINDOMANADO.COM, Kamis (16/4/2020).

Dirinya melihat bahwa jajaran direksi RSUP Prof Kandou sangat senang dengan adanya bantuan dan perhatian dari masyarakat sebab APD yang diberikan merupakan hal paling penting yang saat ini dibutuhkan oleh tenaga medis.

“Kami mengumpulkan dana selama 2 hari dan terkumpul 14 Juta, kita langsung cari yang menjual APD kemudian kita langsung beli dan prosesnya memang tidak gampang karena susah untuk mencarinya, sekitar dua minggu, tapi puji Tuhan kemarin sudah sampai dan langsung kami salurkan hari ini,” papar Stefan.

Dia berharap dengan adanya bantuan dari WAG Justitia dapat mendorong dan memotivasi WAG lainnya yang jumlahnya ada jutaan untuk dapat juga melakukan hal yang sama.

“Jangan cuma debat pendapat atau memberikan ide dan masukan tapi tidak ada aksi nyata kan, siapa tahu dengan contoh yang diberikan oleh Justitia Societas, WAG yang lain juga bisa mengikuti,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Utama RSUP Prof Kandou, dr Jimmy Panelewen mengatakan bahwa dirinya sangat kagum dan berterima kasih atas kepedulian yang ditunjukan oleh WAG Justitia Societas.

“Ini yang sering saya sampaikan bahwa kami tidak pernah melihat jumlah tetapi kami melihat niat, niat ini tentu karena keterpanggilan dari rasa tanggung jawab kita bersama,” tuturnya.

Lanjut dia, dalam menghadapi pandemi virus korona (Covid-19) ini bukan hanya tanggungjawab dari pemerintah tetapu seluruh komponen bangsa.

“Karena kita harus menyatukan tekad untuk bekerjasama secara tim kemudian menghadapi musuh yang tidak terlihat, dan ini menjadi perang kita bersama,” pungkasnya.

Adapun bantuan dari WAG diserahkan langsung oleh Toar Palilingan dan Stefan Voges selaku admin WA Group Justitia Societas didampingi anggota Steven Pailah serta dr. Steven Lapian dan diterima langsung oleh Dirut RSUP Prof Kandou, dr Jimmy Panelewen bersama jajaran direksi lainnya. (Fernando Rumetor/tr-02)