Bank Mandiri Manado Bantu Tenaga Medis dan Warga Terdampak Covid-19

oleh
Kantor Bank Mandiri. (FOTO: Istimewa)

MANADO – Bank Mandiri Manado menunjukkan kepeduliannya di tengah pandemi Coivd-19.

Hal itu disampaikan Head Area PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Manado Tommy Leong. Menurut dia, bantuan yang diberikan Bank Mandiri Area Manado kepada beberapa rumah sakit (RS) serta warga Sulawesi Utara (Sulut) merupakan salah satu bentuk kepedulian.

“Bank Mandiri tentunya peduli dengan situasi yang terjadi saat ini. Bantuan ini disalurkan sebagai bentuk kepedulian bank BUMN kepada tenaga medis dengan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) seperti yang diberikan di RS Pancaran Kasih Manado. Kami memberi berupa APD yang di dalamnya ada masker, baju hazmat dan sebagainya yang senilai Rp13.464.000. Kemudian di empat RS rujukan yang ada di Sulut yang diberikan melalui Satgas Covid-19 Pemprov Sulut senilai Rp25.000.000,” ucapnya, Rabu (22/4/2020).

Sedangkan, kata dia, untuk bantuan kepada warga terdampak Covid-19 berupa 400 bingkisan sembako. “Untuk warga yang ada di Manado khususnya, ada pemberian sembako. Pemberian ini dilakukan secara random, untuk sopir, ojek online, petugas kebersihan serta warga yang membutuhkan,” ujarnya.

Adapun, dalam mendukung physical distancing, Bank Mandiri Area Manado yang mencakup hingga wilayah Gorontalo juga telah memberlakukan beberapa kebijakan. Seperti, untuk pelayanan secara tatap muka hanya berlaku dua kantor yaitu di Mandiri Micro Business Unit Manado Sudirman dan Bank Mandiri KCP Manado Toar.

“Dari total unit kantor cabang ada 37 se-Sulut dan Gorontalo ditambah satu outlet prioritas. Sedangkan untuk di Manado sendiri hanya ada dua yang beroperasional untuk tatap muka yaitu di Mandiri Micro Business Unit Manado Sudirman dan Bank Mandiri KCP Manado Toar,“ jelas Area Operations Manager Bank Mandiri Area Manado Christina Waney.

Lanjut Waney, untuk pegawai Bank Mandiri sendiri selalu diberikan kebutuhan khusus. “Saat melakukan pekerjaan di kantor, pegawai diberi vitamin, insentif makanan serta uang transportasi. Hal ini dilakukan untuk menunjang kondisi prima dari pegawai, dan untuk pegawai yang berstatus kerja di rumah tentunya mereka akan bekerja produktif dari rumah,” ujarnya.

Bank Mandiri Area Manado sendiri menganjurkan masyarakat Sulut untuk lebih memprioritaskan transaksi nontunai melalui mobile banking maupun e-money. Hal ini tentunya untuk mengurangi kerumunan masyarakat saat hendak mengunjungi operasional di Kantor Bank Mandiri.

Sebagai informasi, Bank Mandiri Area Manado sendiri mempunyai 19 unit Cash Deposit Machine (CDM) yang merupakan ATM yang didesain sedemikian rupa sehingga bisa untuk transaksi setoran tunai dengan nominal tertentu. (Clay Lalamentik)