Kabar Baik, Tiga Pasien Positif Covid-19 Asal Manado Dinyatakan Sembuh

oleh
Dokter Steaven Dandel. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO– Kabar baik kembali disampaikan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Sesuai hasil swab yang didapat, tiga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 telah dinyatakan sembuh melalui dua kali hasil negatif berdasarkan uji laboratorium.

Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel. Dia menyatakan bahwa ketiga pasien yang dinyatakan sembuh tersebut merupakan pasien ke-34, 39, serta pasien ke-42 di Sulut.

“Ada tiga kasus yang sudah diperiksa laboratorium dua kali negatif dan sudah dinyatakan sembuh. Yang sembuh adalah kasus nomor 34, kasus nomor 39 dan yang terakhir adalah kasus nomor 42,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan, Sabtu (2/4/2020).

Untuk diketahui, ketiga pasien yang sembuh tersebut merupakan warga Manado yakni pasien ke-34 yang berjenis kelamin perempuan, 36 yang merupakan karyawan di salah satu fasilitas kesehatan, kemudian pasien ke-39, laki-laki, 53, yang merupakan kontak erat resiko tinggi (KERT) dari pasien ke-35, sedangkan pasien ke-42 adalah perempuan, 48, yang merupakan karyawan di salah satu fasilitas kesehatan.

Dengan ketambahan ketiga pasien sembuh tersebut, maka sudah terdapat total 17 pasien positif Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh. Sementara itu, ada empat pasien yang dinyatakan meninggal dunia dan 24 pasien yang sementara dalam perawatan di rumah sakit. Di Sulut, jumlah pasien terkonfirmasi positif berjumlah total 45 kasus.

Selanjutnya, sesuai dengan protap yang ada, maka pasien tersebut sudah bisa dipulangkan ataupun dikeluarkan dari ruang isolasi, namun masih harus menjalani lagi isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. (Fernando Rumetor)