PDP Sulut Terus Meningkat Jadi 92 Orang, Kematian pun Terus Bertambah

oleh
Konferensi video. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO- Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melaporkan bahwa jumlah orang dalam pemantauan (ODP) per Senin (3/5/2020) pukul 17.00 WITA berjumlah 134 orang yang masih dipantau oleh tim surveillance yang ada di kabupaten/kota.

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel mengatakan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) bertambah lima orang dari hari sebelumnya menjadi 92 orang.

“Ada 28 orang (PDP) yang sementara dirawat di RDUP Prof Kandou, RS Bhayangkara tujuh orang, RSUD Anugerah Tomohon tiga orang, RS Wolter Monginsidi Teling 15 orang, RSUD Kotamobagu empat orang, RSUD Walanda Maramis satu orang, RSUD Bolmut tiga orang. RSUD Manembo-nembo Bitung tiga orang, RS Pancaran Kasih Manado 19 orang, RSUD Datoe Binangkang Bolmong dua orang, RS Bethesda Tomohon dua orang, RSUD Talaud satu orang, RS Siloam Paal Dua sebanyak dua orang, RS MMC Paal Dua satu orang, dan sekali lagi masih ada satu orang yang dirawat di RSU Aloei Saboe Gorontalo,” ujarnya saat konferensi video bersama wartawan.

Sementara itu, jika dirinci berdasarkan kabupaten/kota, maka PDP di Manado sebanyak 36 orang, Minahasa 11 orang, Minut 10 orang, Bitung 10 orang, Tomohon enam orang, Minsel tiga orang, Kotamobagu empat orang, Bolmut empat orang, Bolmong dua orang, Boltim dua orang, Sangihe satu orang, Talaud satu orang, dan ada dua orang yang sementara dalam proses verifikasi alamat berasal dari mana.

Adapun, terdapat empat PDP yang kembali dinyatakan meninggal dunia. Yang pertama ialah perempuan berusia 59 tahun asal Minahasa, kemudian balita usia dua tahun enam bulan asal Minut.

“Yang ketiga adalah pria 31 tahun asal Minut, dan yang keempat wanita 62 tahun asal Manado,” papar Dandel.

Untuk jumlah total pasien terkonfirmasi positif di Sulut sebanyak 45 orang, dengan rincian 24 orang sementara dalam perawatan di ruang isolasi, 17 orang dinyatakan sembuh, dan 4 orang dinyatakan meninggal dunia. (Fernando Rumetor)