Dukung Pelestarian Danau Tondano, Pemprov Optimis Tahun Ini Eceng Gondok Tuntas

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw saat meninjau kondisi Danau Tondano. (Istimewa)
TONDANO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) optimis tahun ini masalah eceng gondok di Danau Tondano bisa tuntas.
Hal tersebut disampaikan Wakil Gubernur Steven Kandouw saat meninjau langsung proses penanganan dan pengangkatan gulma eceng gondok di Danau Tondano, Kabupaten Minahasa, Rabu (20/5) lalu.
Pada kesempatan itu, Wagub Kandouw mengatakan bahwa Pemprov Sulut berkomitmen mendukung penuh upaya pelestarian Danau Tondano.
“Pengangkatan eceng gondok ini harus diseriusi dan harus ada pengawasan langsung, sehingga apa yang menjadi target kita target dari Pemerintah Provinsi dimana Danau Tondano bersih dari eceng gondok boleh terlaksana,” kata Kandouw.
Tak hanya itu, Kandouw juga optimis bahwa target Danau Tondano bersih dari eceng gondok bakal tercapai. Diketahui, hingga kini luas pembersihan eceng gondok sudah mencapai 100 hektar dari total 300 hektar yang terdapat eceng gondok.
“Kita optimis, tahun ini eceng gondok di Danau Tondano bersih,” ujarnya.
Untuk itu, lanjut dia, Pemprov menurunkan lima unit ekskavator dan tiga unit kapal khusus pengangkut eceng gondok serta alat berat untuk membantu mengangkat eceng gondok di Danau Tondano.
Adapun dalam peninjauan tersebut, Wagub Kandouw didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemprov Sulut Adolf Harry Tamengkel dan jajaran Pemkab Minahasa. (rivco tololiu)