Ratusan Ribu Paket Bantuan Pemprov Tersalur ke Masyarakat Terdampak Covid-19

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey saat turun menyalurkan bantuan ke warga terdampak Covid-19 lewat pengurus agama.(istimewa)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus menyalurkan bantuan secara bertahap ke masyarakat di 15 kabupaten/kota yang terdampak Covid-19. Data hingga 25 Mei 2020, sekira 161.107 paket sembako sudah tersalur ke warga penerimannya.

Rincian paket sembako yang disalurkan tersebut yakni Minut 28.601 paket, Minahasa 12.995 paket, Manado 49.214 paket, Bitung 16.332 paket, Bolsel 150 paket, Tomohon 8.869 paket, Mitra 1.922 paket, Boltim 1.152 paket, Bolmut 3.150 paket, Minsel 11.244, Kotamobagu 9.751 paket, Bolmong 6.367 paket, Sangihe 3.223 paket, Sitaro 4.133 paket dan Talaud 4.044 paket.

Penyaluran bantuan ini melalui pengurus agama yang disalurkan secara bertahap hingga ke warga di wilayah kepulauan.

Baru-baru ini, Gubernur Olly Dondokambey selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).

Paket bantuan yang disalurkan yakni bahan pokok terdiri dari 5 kilogram (kg) beras, 10 bungkus mie instan, 1 liter minyak goreng, 3 kaleng ikan siap saji dan 5 buah masker, Selasa (26/5/2020).

Bertolak dari dermaga Kima Bajo pada pagi hari, Gubernur Olly dan rombongan menggunakan jet ski dan kapal menyeberangi lautan untuk membagikan bantuan di Pulau Gangga, Talise, Kinabuhutan dan Bangka.

Adapun jumlah paket sembako yang dibagikan kepada warga kepulauan sebanyak 2.768 paket sembako dengan perincian 745 paket dibagikan di Pulau Gangga, 745 paket di Pulau Talise, 353 paket di Pulau Kinabuhutan dan 925 paket di Pulau Bangka.

Bantuan diserahkan Gubernur Olly melalui lembaga keagamaan sebelum dibagikan dibagikan door to door ke rumah-rumah warga agar proses penyalurannya akurat sekaligus efektif mencegah kerumunan orang dalam rangka menerapkan physical distancing (jaga jarak) sesuai protokol Covid-19.

Usai menyalurkan sembako, Gubernur Olly mengatakan bahwa penyaluran paket sembako bagi warga kepulauan yang terdampak covid-19 bukan yang pertamakalinya dilakukan Pemprov Sulut ditengah pandemi covid-19.

“Yah, penyaluran bantuan untuk keempat kali kita putar pulau-putar kali ini di wilayah Pulau Bangka, Talise sama Kinabuhutan, ada tiga Pulau Bangka, Gangga, Talise, disitu ada sekitar 15 desa yang kita bagikan buat masyarakat yang terdampak,” ujar Olly.

Kemudian, pada Jumat (22/5/2020) lalu, Gubernur Olly didampingi Wakil Gubernur Steven Kandouw dan jajaran Forkopimda Sulut, mengendarai jet ski menyeberangi lautan untuk menyalurkan sebanyak 2.043 paket bantuan bahan pokok demi meringankan beban masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi Covid-19 di Pulau Mantehage dan Pulau Nain, Kabupaten Minut.

Pun sebelumnya, pada Senin (18/5/2020), Gubernur Olly dan jajaran Forkopimda telah membagikan 1.066 paket sembako bagi warga Kota Manado yang terdampak Covid-19 di Pulau Siladen, Pulau Bunaken dan Pulau Manado Tua. Total dalam lima hari itu, Gubernur Olly telah membagikan 3.109 paket sembako bagi warga terdampak Covid-19 di lima pulau yang ada di Manado dan Minut.

Gubernur Olly ketika menyalurkan sembako di Pulau Mantehage dan Pulau Nain mengajak masyarakat mematuhi himbauan pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di Sulut.

“Kami datang kesini bersama Forkopimda Provinsi Sulut. Rakyat lagi harus baku tau, baku dengar dengan pemerintah supaya dalam rangka pencegahan Covid-19 melebar kemana mana torang bisa atasi bersama-sama. Pemerintah memberikan bantuan didalam setiap kantong ada masker jadi semua keluarga dapat masker disin, agar supaya kalau mau bersosialisasi dengan lebih dari 5 sampai 10 orang harus tetap menggunakan masker,” kata Olly.

“Ini masker non medis jadi boleh jaga cuci, jadi boleh pake berkali kali ini masker, karena penyebaran Covid-19 ini tidak lewat mana-mana, semua lewat torang pe muka sini, lewat torang pe idong, lewat torang pe mulu, lewat torang pe mata jadi tu muka ini torang harus hindari abis pegang segala macam kong kuca-kuca muka deng kuca-kuca mata, harus cuci tangan betul-betul supaya sebelum mo pegang muka tangan harus bersih terus,” lanjutnya. (rivco tololiu)