Listrik Gratis Akan Berakhir Juni 2020

oleh -
(Ilustrasi: Istimewa)

JAKARTA – PT PLN (Persero) masih memberikan keringanan tagihan listrik bagi pelanggan 450 volt ampere (VA) dan pelanggan 900 VA subsidi sampai Juni 2020. Adapun bulan ini merupakan pemberian terakhir keringanan tagihan listrik akibat terdampak pandemi Covid-19.

Executive Vice President Corporate Communcation and CSR PLN, I Made Suprateka mengatakan terdapat empat golongan yang diberikan keringanan tagihan listrik. Rinicannya pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan selama 3 bulan, terhitung April-Juni. Lalu pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon 50% selama tiga bulan, terhitung April-Juni.

Selain itu, pelanggan bisnis kecil (B1) dengan daya 450 VA digratiskan selama enam bulan, terhitung Mei-Oktober. Pelanggan industri kecil (I1) daya 450 VA digratiskan selama 6 bulan, terhitung Mei – Oktober.

“Bagi pelanggan yang ingin memperoleh insentif bisa mendapatkannya dengan dua cara yaitu melalui nomor WhatsApp dan melalui akses pln.co.id,” kata dia, di Jakarta, Senin (1/6/2020).

Dia mengatakan, bagi pelanggan pascabayar, litrik gratis dan diskon listrik langsung mengurangi tagihan rekening listrik di bulan Mei. Sementara untuk 11,8 juta pelanggan prabayar, token listrik bulan Mei 2020 sudah bisa diakses melalui website www.pln.co.id atau layanan WhatsApp nomor 08122 123 123.

“Kami mengimbau seluruh pelanggan prabayar yang berhak mendapatkan stimulus ini dapat mengambil tokennya melalui website ataupun layanan Whatsapp yang telah disediakan,” jelasnya.

Sebagai informasi, bagi pelanggan token listrik stimulus Covid-19 bisa didapatkan melalui website, dengan cara membuka www.pln.co.id kemudian pilih menu stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon) lalu memasukkan id pelanggan atau nomor meter. Selanjutnya token gratis akan ditampilkan di layar dan pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut di meteran yang sesuai dengan id pelanggan.

Tidak hanya itu, PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara pelanggan tinggal membuka aplikasi whatsapp lalu chat whatsApp ke 08122-123-123.

Di tengah pandemi ini, PLN juga terus memberikan bantuan kepada warga terdampak pandemi Covid-19. Melalui PLN Unit Induk Pembangkit Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) baru saja menyerahkan berupa paket 1.000 sembako sebagai bentuk kepedulian PLN terhadap masyarakat.

Adapun paket tersebut diberikan di lima titik wilayah yang dekat dengan operasional PLN UIP JBB di antaranya, Kelurahan Cinere Depok, Kelurahan Pondok Karya, Tangerang, Kelurahan Rawalumbu Bekasi, Desa Klebet Karanganyar Lontar dan Patramanggala, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

“Semoga dengan bantuan tersebut dapat menjalin hubungan baik dan lebih erat dengan lingkungan di sekitar proyek dan lingkungan kator unit-unit PLN,” tutur General Manager PLN UIP JBB Ratnasari Sjamsuddin.

Sementara itu, Ketua Tim CSR PLN UIP JBB Fitrah Ramadhian juga berharap bantuan tersebut dapat sedikit meringankan beban masyarakat.  “Melalui bantuan tersebut diharapkan semakin meringankan beban masyarakat terdampak,” kata dia. (Koran Sindo)