Respon Permintaan Gubernur, KKP Akan Salurkan Bantuan untuk 1.500 Nelayan di Sulawesi Utara

oleh -
Tampak, aktivitas para nelayan membawa hasil tangkapan usai melaut. (Foto: Istimewa)

MANADO – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo merespon permintaan Gubernur Olly Dondokambey untuk membantu para nelayan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang terdampak pandemi Covid-19.

Itu disampaikan Gubernur Olly saat kunjungan kerja (kunker) Menteri Edhy Prabowo ke Provinsi Sulut untuk meninjau program di sektor perikanan di sejumlah daerah, waktu lalu.

“Iya, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan memberikan bantuan bagi 1.500 nelayan di Sulut yang terdampak Covid-19,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah (DKPD) Provinsi Sulut, Tienneke Adam, Jumat (3/7/2020).

Tienneke menjelaskan, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan untuk 1.500 nelayan yang tersebar di kabupaten/kota dengan berkoordinasi bersama instansi terkait di setiap daerah.

“Mereka nanti akan mendapatkan bantuan BBM untuk bahan bakan perahu dan coolbox. Kalau coolbox mungkin ada sebanyak 434 buah yang akan dibagikan,” jelasnya.

Dia mengakui, pemberian bantuan dikhususkan bagi para nelayan yang memang terdampak pandemi Covid-19. Pun penerima bantuan, kata Tienneke, syaratnya harus mempunyai Kartu Nelayan dan memiliki Kartu Usaha Kelautan dan Perikanan (KuSuka).

“Dalam waktu dekat kita akan rampungkan pendataan dan segera dikirim ke Kementrian Kelautan dan Perikanan. Kami berharap pastinya, bantuan ini akan membantu para nelayan di Sulut yang terdampak pandemi virus korona ini,” tandasnya. (rivco tololiu)