Max Lomban Minta Koperasi Bangkit dan Berkembang secara Mandiri

oleh -
Wali Kota Bitung, Max J Lomban, membuka pelatihan manajemen dan akuntansi koperasi dan UMKM Kota Bitung, Kamis (25/6/2020) lalu, di BPU Kantor Wali Kota Bitung. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke-73 2020 yang diperingati 12 Juli 2020, Wali Kota Bitung, Max J Lomban berharap Koperasi di Kota Bitung bisa bangkit dan berkembang mandiri, meski tanpa bantuan pemerintah. Hal ini diungkapkan Lomban, saat diwawancarai para wartawan, Senin (13/7/2020) di depan Lobi Kantor Wali Kota Bitung.

Menurut Lomban, dengan peringatan Hari Kopersi Nasional ke-73 ini, dirinya berharap, koperasi betul-betuk tumbuh dan berkembang, karena merupakan salah satu tonggak penggerak ekonomi. “Dalam peringatan hari koperasi ini, tumbuh dari bawah tanpa ada bantuan dari Pemerintah, sehingga kemandirian Koperasi bisa terus diandalkan,”ujarnya.

Lanjut dia, beberapa waktu lalu, telah memberikan materi pada pelatihan mamajemen dan akuntasi koperasi, bagaimana koperasi bisa diolah dengan baik, termasuk menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai salah satu syarat pendirina koperasi. “Harapan saya, bagaimana koperasi ini tumbuh dan berkembang bukan sekedar mengumpulkan orang-orang untuk menghidupkan koperasi, tapi ada kolaborasi dan akhirnya koperasibisa menghadirkan produksi,” tuturnya.

Lomban menambahkan, selain produksi, koperasi harus bisa menghadirkan pendapatan, dan bisa mengsejahterakan seluruh anggota. “Memang pendekatan koperasi kita lain, yaitu banyaknya anggota, sementara Negara barat anggotanya sedikit tapi modalnya banyak, koperasi kita diperbanyak dengan padat karya, karena itu perbanyak orang-orang untuk meningkatkan produksi dan mengangkat seorang manager untuk mengendalikan koperasi itu,” ujarnya. (Yappi Letto)