Fokus Jaga Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

oleh -
(Koran Sindo Manado)
MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey fokus menjaga ketahanan di daerahnya di tengah pandemi Covid-19.
Untuk itu, Gubernur Olly mencanangkan Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Penanaman Padi, serta pencanangan Pemanfaatan Lahan Terlantar dan Penanaman Tanaman Pangan di Kabupaten Minahasa, Jumat (24/7) lalu.
“Sejak mulai adanya Covid ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk kembali berkebun, persiapkan lahan-lahan tidur yang ada,” kata Olly.
Ia meminta warga tak kuatir kekurangan bibit tanaman pangan dan ketersediaan sumber air untuk mengairi lahan pertanian.
“Pemerintah menyiapkan bibit pupuk termasuk juga kita siapin sumur bor–sumur bor kalau memang seperti di sini keluhan masyarakat kekurangan air. Karena ini lahan tadah hujan makanya saya sudah minta tadi kita bor lagi, supaya ada persiapan air,” ujarnya.
Menurutnya, ada empat faktor penentu berhasilnya sektor pertanian.
“Karena bertani itu kan yang paling penting itu bibit, air sama lahan kalau tiga ini sudah menyatu tinggal tambah orang yang rajin pasti akan berhasil,” lanjut dia.
Olly optimis jika sektor pertanian dikelola optimal bakal menjadi solusi ketahanan pangan di tengah pandemi.
“Nah, pemerintah provinsi, kabupaten Minahasa misalnya, menjadi sarana prasarana penyiapan holtikultura bagi masyarakat Sulut. Itu kita dorong terus agar supaya ketersediaan barito dan pangan lainnya bisa suplai di situasi kondisi krisis Covid-19 ini,” tutupnya. (rivco tololiu)